Minggu, 01 Januari 2017

Omong Kosong Resolusi

Jurnal hari 1/365

1 Januari 2017

Hari ini hari minggu. Sebenarnya sama seperti hari minggu lainnya. Sama-sama berwarna merah, yang artinya libur. Bedanya, ini adalah hari minggu di tanggal 1 Januari 2017. Semalam, orang-orang diseluruh penjuru dunia merayakan pergantian tahun baru, tak terkecuali di Indonesia. Beragam cara dilkukan, mulai dari bakar-bakaran, minum-minuman, sampai juga ada pengajian refleksi akhir tahun. Paginya, ramailah kalimat bijak semacam, "awali halaman pertama ditahun ini dengan hal baik" dan kalimat-kalimat tentnag resolusi tahunan. Begitu terus setiap awal tahun.

Kemudian diakhir tahun nanti, akan ramai pula yang memamerkan kegagalan resolusi tahunannya. Padahal, entah memang benar mereka memiliki resolusi, atau hanya resolusi abal-abal. Atau mungkin juga, biar terlihat keren dan kekinian serta mendapat banyak like saja, maka pura-puralah mereka memiliki resolusi dan memamerkan kegagalannya. Jadi, apa yang ingin dipamerkan jika resolusinya abal-abal? Punya enggak, ngakunya gagal.

Aku yakin, setiap resolusi yang dibuat oleh masing-masing individu adalah hal yang baik dan juga kebaikan, minimal bagi dirinya sendiri. Lalu, jika tidak ada satupun resolusi yang tercapai ditahun itu, maka hal baik apa sebenarnya yang telah mereka lakukan untuk mengawali tahun? Atau jangan-jangan, kalimat "awali halaman pertama ditahun ini dengan hal baik" juga merupakan omong kosong agar terlihat keren dan bijak demi like yang banyak? Entahlah.

Yang jelas, resolusi tidak akan pernah tercapai tanpa adanya usaha yang nyata untuk mewujudkannya. Resolusi itu hanya akan menjadi sekedar omong kosong, jika sang pemilik hanya duduk manis sembari menunggu pergantian tahun datang kembali.

Jadi, sudah mulai berusaha untuk mencapai resolusi tahun 2017 hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar