Senin, 06 Juni 2016

Selamat berbuka puasa

Jurnal Digital

1 Ramadhan 1437 / 6 Juni 2016 / hari 1

Selamat berbuka puasa

Alhamdulillah tahun ini, di tanggal yang keren, 6-6-2016 berkesempatan kembali untuk bertemu dengan bulan Ramadhan, meskipun lagi-lagi harus menyambutnya tanpa keluarga di rumah. Terhitung, ini adalah tahun ke-3 menyambut Ramadhan di kota Surabaya, dan tahun ke-6 menyambutnya di tanah rantau, karena 3 tahun sebelumnya selalu di D.I. Yogyakarta dan sekali waktu di Magelang. Kawan-kawanku bahkan mungkin sudah ada yang menginjak tahun ke-9 atau bahkan ke-10 menyambut Ramadhan di tanah rantau.

Aku jadi kembali teringat dengan puasa pertamaku di kota Surabaya 3 tahun silam. Masa itu, aku masih semester 2, masih cupu, bahasa suroboyoanku pun masih berantakan, dan yang paling lucu, aku sedang naksir seorang wanita. Dalam sebuah hadits, dikatakan bahwa salah satu kebahagiaan seorang yang berpuasa adalah ketika dia berbuka. Dan ketika itu, bahagiaku bertambah-tambah, bukan saja karena sedang berbuka puasa, tapi karena mendapatkan ucapan, "Selamat berbuka puasa pertama di Surabaya deny kriwul" dari wanita yang sedang kutaksir ketika berbuka. Bagi seorang lelaki yang sedang naksir (untuk tidak mengatakan jatuh hati) pada seorang wanita, hal tersebut jadi sangat membahagiakan. Seolah-olah haus, lapar, dan dahaga seharian hilang seketika ketika membaca pesan tersebut. Lebay? Jelas, tapi bagiku itu sebuah proses pendewasaan.

Ya, hari ini adalah tahun ke-3 aku kembali menyambut Ramadhan di Kota Surabaya, meskipun tanpa ucapan "selamat berbuka" darinya seperti 3 tahun silam. Nyatanya, hal tersebut masih selalu teringat setiap tanggal 1 Ramadhan pada saat berbuka puasa pertama kali. Ya, mungkin ga ada salahnya kali ya kalo kita kembali membangun komunikasi-komunikasi ga penting, tapi sering, dan menyenangkan kayak dulu lagi, dimulai dengan ucapan, "selamat berbuka puasa!", mungkin? Meskipun sekarang kita sudah punya jalan masing-masing, kamu dengan "partnermu", dan aku yang masih betah sendiri.

Jadi, selamat berbuka puasa ya "ehem..." :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar