Senin, 20 Juni 2016

Mata Kuliah Bersyukur

Jurnal Digital

15 Ramadhan 1437 / 20 Juni 2016 / hari 15

Mata Kuliah Bersyukur

Hari ini aku dan beberapa junior @tbmspine bersilaturahim ke Rumah Anak dan Bayi Sehat Mulia Khalfani. Ini adalah kali kedua kami kesini, setelah Februari tahun lalu kegiatan ini kuinisiasi bersama beberapa kawanku. Kali kedua kesini, tidak banyak yang berubah dari tempat ini. Mulai dari keramahan dan kehangatan pengasuhnya menyambut kami, dan beberapa anak-anak balita yang seakan malu-malu dengan kedatangan kami. Satu hal yg membuatku terharu, ternyata  pengasuh rumah ini masih mengingatku, "Owala, ini mas Deny to!", begitu ujarnya. Mungkin ia pangling karena aku sudah tidak segondrong ketika pertama kali kesini. Rumah bayi ini dipimpin oleh seorang wanita yang sudah berumur, namun memiliki naluri keibuan yang sangat besar pada anak-anak, Ibu Ifa namanya. Kali pertama kesini, rumah ini merawat 14 balita, namun tadi sore tersisa 7 balita dan 3 bayi.

Rumah ini memang merawat balita yang yatim, dhuafa, dan tidak mampu, namun tidak memberikan adopsi. Karena, para balita ini masih memiliki orang tua dan keluarga dekat. Dan bagi bu Ifa, kasih sayang terbaik adalah kasih sayang langsung dari orang tua kandung, atau minimal dari keluarga dekat. Oleh karenanya, ia bahagia ketika para ibu atau keluarga balita ini datang dan siap merawat anak-anak mereka yang sempat dititipkan disini. Ibu Ifa pernah bercerita bahwa dulunya tempat ini dinamakan panti. Namun, karena salah satu anak penghuninya ada yang mengadu sambil menangis dan malu untuk sekolah, karena di sekolah diejek sebagai anak panti, bu Ifa mengganti nama tempat ini dengan nama Rumah Anak dan Bayi Sehat. Kadang, kita suka bercanda menggunakan kata panti, tanpa sadar bahwa bisa saja ini melukai hati seseorang. Karena itu, aku lebih suka menyebut tempat ini sebagai rumah bayi.

Ah, Raka, Habibi, Alif, dan adik-adik lainnya, kalian hari ini sekali lagi berhasil menguliahi kami mata kuliah bersyukur. Cepat besar dan jadilah anak sholeh/ah ya nak! Jangan lupakan bu Ifa dan tempat ini ketika sudah besar nanti. Tempat yang telah memberikan kalian kehangatan dan kasih sayang keluarga, Rumah Anak dan Bayi Sehat Mulia Khalfani.

@kurniawan_gunadi @langit2.yk #langitkebaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar