Minggu, 19 Juni 2016

Long Life Persebaya

Jurnal Digital

14 Ramadhan 1437 / 19 Juni 2016 / hari 14

Long Life Persebaya

Surabaya sebagai salah satu kota besar dan bersejarah di Indonesia memiliki banyak ikon. Dan salah satu ikon kota Surabaya adalah klub sepakbola kebanggan mereka, Persebaya Surabaya. Klub yang diawal pendiriannya ini bernama Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) memiliki sejarah panjang dan segudang prestasi. Tercatat, SIVB juga merupakan salah satu pendiri PSSI. Dan ketika berbicara tentang Persebaya, maka tidak bisa tidak untuk tidak membicarakakan pemain ke 13 mereka alias suporter mereka, Bonek.

Beruntunglah Persebaya, memiliki suporter yang royal, loyal, dan total dalam mendukung klub kesayangannya ini. Meskipun sekarang persebaya sedang dilanda konflik internal dan tidak merumput, para Bonek tetap setia mendukung dan membelanya. Bagiku ini membuktikan bahwa Bonek tidak sekedar memamerkan existensi semata, akan tetapi ada sejarah, kehormatan, dan harga diri yang sedang mereka bela dan perjuangkan disini. Tengoklah, bagaimana mungkin ada suporter klub sepak bola yang klub kesayangannya sedang mati suri bahkan tidak merumput di lapangan, namun tetap setia mereka bela dan mereka dukung dari luar lapangan sepak bola? Ya, inilah Bonek, suporter Persebaya dengan loyalitas dan totalitas tanpa batas.

Dan 18 Juni 2016 kemarin, klub kesayangan Bonek ini telah berumur 89 tahun. Umur sebuah klub sepak bola yang tidak bisa dikatakan muda. Harapan para Bonek tentu saja satu yang utama, Persebaya segera bangkit dan kembali berlaga dalam kancah persepakbolaan Indonesia. Sudah terlalu lama klub bersejarah ini tertidur. Dan mungkin bukan saja laga mereka yang paling dinanti, akan tetapi juga prestasi-prestasi mereka nanti ketika kembali berlaga.

Aku memang bukan warga Surabaya, tapi aku pun berharap dan berdoa, agar Persebaya segera bangkit dan kembali berprestasi. Paling tidak, aku ingin melihat laga mereka nanti meskipun hanya sekali. Sembari merasakan atmosfer para Bonek yang selalu berhasil menghijaukan tribun-tribun penonton ketika menonton Persebaya berlaga.

Selamat ulang tahun ke 89, Long Life Persebaya!!!

Salam satu nyali! Wani!!! ðŸ™‹

PS: lihat juga ulasan tentang Bonek di channel YouTube SBO WEB TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar