Rabu, 22 Juni 2016

IQRA'

Jurnal Digital

17 Ramadhan 1437 / 22 Juni 2016 / hari 17

IQRA'

Bagi umat muslim, 17 Ramadhan diyakini sebagai tanggal peristiwa Nuzulul Qur'an atau turunnya Kitab Suci Al-Qur'an. Dan wahyu pertama dalam surah Al-Alaq yang diturunkan Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, dengan tegas dan lugas berbunyi IQRA', yg berarti BACALAH, fi'il amr dari kata Qara'a-Yaqra'u.

Pada tahun 2012, UNESCO mengeluarkan data menarik seputar Indonesia. Ternyata, indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001, artinya dari 1000 penduduk, hanya 1 warga yang minat membaca. Kemudian, data UNDP menyatakan bahwa angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5%, jauh jika dibandingkan Malaysia 86,4%. Tahun 2015, Perpustakaan Nasional melakukan kajian. Hasilnya, minat baca masyarakat menunjukkan angka 25,1 atau kategori rendah. Celakanya, warga Indonesia khususnya anak-anak sekarang lebih tertarik menonton TV daripada membaca. Padahal kita tau, acara TV sekarang lebih banyak yang tidak bermutu.

Berangkat dari keprihatinan ini, beberapa orang kemudian terdorong untuk meningkatkan minat baca warga Indonesia. Sebut saja Fiersa Besari, dengan perpustakaan Pecandu Buku yang dia buat di garasi rumahnya dengan tujuan menularkan virus membaca kepada siapa saja. Kemudian ada Fauzi, seorang penjual jamu keliling dari Sidoarjo yang juga menjajakan buku gratis di rak jamunya. Dengan tagline "Saiki Jamane Moco", dia berharap minat baca warga Sidoarjo meningkat. Dan jangan lupa kisah tentang kudapustaka Pak Ridwan dari Purbalingga. Perpustakaan unik yang menggunakan kuda bernama Luna untuk keliling menjajakan buku gratis untuk dibaca para anak2 kecil.

Mereka hanya orang biasa yang memiliki tujuan luar biasa. Bagiku, mereka bukan saja pejuang literasi, tapi juga manusia yg menggelorakan semangat IQRA' di bumi Nusantara ini.

Jadi, selama bulan Ramadhan, jadikanlah buku sebagai media untuk memperoleh keberkahan, selain mengaji dan berdzikir. Karena iman yang baik, selalu diiringi ilmu yang baik. Dan ilmu yang baik, terdapat dibanyak buku yang mungkin menuggu untuk kau baca.

Jadi, buku apa yang sedang kau baca dalam waktu dekat ini? ☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar