Minggu, 12 Juni 2016

Muballigh Hijrah

Jurnal Digital

7 Ramadhan 1437 / 12 Juni 2016 / hari 7

Muballigh Hijrah

Dini hari tadi, aku ngobrol dengan saudari seperguruan, @milennisa via line. Aku bertanya tentang kegiatan Muballigh Hijrah (MH) yang sedang diadakan di rumah. Jadi, MH ini adalah kegiatan wajib bagi para santri Muallimin kelas 5 (10) aliyah setiap bulan ramadhan. Mereka akan dikirim ke DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung Timur, dan ke daerahku, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Oh iya, tahun ini beberapa dari mereka bahkan dikirim ke Malaysia.

Selama 21 hari, mereka bertugas menyemarakan ramadhan di daerah-daerah tersebut. Caranya beragam, mulai dari kerja bakti, mengisi kultum, mengadakan pesantren ramadhan, mengadakan pelatihan keagamaan bagi warga, mengajar TPA dan sekolah-sekolah setempat, sampai mengadakan tabligh akbar dan bakti sosial. Setidaknya, itu yang kulakukan di desa Polengan, Magelang, tempat penugasanku tahun 2010 silam.

Ketika ngobrol tentang MH di Paser, ada sebuah rasa keharuan. Aku jadi ingat kali pertama merintis MH kesana ditahun 2011. Dan waktu itu, memang yang bertugas MH adalah adik2 kelasku. Bukan perkara mudah bagi anak aliyah untuk mengurus MH daerah, apalagi ketika harus berhadapan dengan birokrasi madrasah. Waktu itu, aku hanya meyakinkan diriku bahwa Allah ga akan pernah menolak proposal kebaikan. Dan MH ini, bagiku adalah proposal kebaikan. Dengan usaha dan doa serta kerja sama yang baik, pada tahun 2011 untuk pertama kali, akhirnya mereka berangkat ke Paser untuk MH. Meskipun tidak pernah terlibat secara langsung di setiap acara MH selama ini, aku selalu bangga kepada adik2 yg MH ini.

Dengan seabrek program kerja dan dalam waktu yang singkat pula, mereka menjalaninya dengan keceriaan. Lalu bagaimana dengan dana kegiatan mereka? Biasanya (sepengalamanku) mereka swadaya sendiri. Atau jika beruntung, bisa dapat bantuan dari warga setempat.

Nah, bagi pembaca budiman yang ingin terlibat di MH di Kab. Paser, Kal-Tim, dengan mendonasikan uang, pakaian layak pakai, buku2 bacaan, atau juga doa, bisa PM saya. InsyaAllah akan saya salurkan ke pihak panitia.

Mumpung bulan ramadhan, jangan cuma berlomba-lomba dalam kebaikan aja, yuk bersinergi juga dalam kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar