Jumat, 24 Juni 2016

Saudara 86

Jurnal Digital

19 Ramadhan 1437 / 24 Juni 2016 / hari 19

Saudara 86

McD Mulyosari adalah tempat pertama kali kami bersilaturahim sebagai saudara yang sedang merantau di Surabaya. Waktu itu tahun 2012 dan kami masih 5 orang. Namun karena satu dan lain hal, tersisalah kami 3 lelaki yang dipersaudarakan oleh Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam keluarga besar 86. Biasanya ada alumni Muallimin (Muin) dan Muallimaat (Muat) seangkatan yang kuliah sekota. Namun ternyata, seangkatan kami, baik Muin atau Muat, hanya kami bertiga yang memilih Surabaya sebagai kota untuk kuliah.

Karena kuantitas kami yang minimalis, kesadaran kami meningkat untuk memaksimalkan kualitas persaudaraan. Akhirnya kami rajin membuat acara silaturahim bertiga, meskipun sekedar bertemu untuk diskusi mulai dari hal yang sepele sampai yang sepele banget. Tentang kuliah, cewek, mantan, bribikan, jodoh, dan cewek yang lagi nogkrong di meja sebelah kami. Hal ini rutin kami lakukan sedari maba hingga menjadi sarjana seperti sekarang ini. Iya, masing-masing dari kami telah menjadi sarjana meskipun masih menunggu diwisuda. Kenalkan, mereka adalah Mahenda Abdillah Kamil, S.Stat., sarjana ilmu statistik UNAIR, dan Fahmi Nurulil Amri Yunus, S.T., sarjana teknik sipil ITS.

Sebagai saudara, aku memang tidak pernah selalu ada setiap waktu untuk mereka, begitupun mereka. Tapi kami selalu ada tepat waktu dan diwaktu yang tepat ketika masing-masing dari kami saling membutuhkan satu sama lain. Mereka adalah saudara senasib, sepenanggungan, dan sekota yang kuanggap satu tingkat dibawah saudara kandung.

Tahun ini kami akan memulai babak baru dalam kehidupan dan tidak menutup kemungkinan kami akan terpencar kembali. Mahenda dengan usaha yang sedang dirintisnya, dan Fahmi dengan rencana liburannya. Namun Surabaya telah menjadi saksi, bahwa persaudaraan anggota keluarga 86 khususnya di Jatim, bisa menembus batas ruang dan waktu.

Jadi, merantaulah agar kau mengerti bahwa saudara tidak harus sedaerah, sedarah, atau seibu susu saja. Bisa juga berawal dari sekamar mandi atau sepiring nasi. ☺

Wah jadi kangen sodara/i di Malang rek, 26 Agustus kuy jenguk sam Gupon sama wisuda Sulis dkk yes! ðŸ˜„

1 komentar:

  1. Mas, salam kenal...saya meidijas....its sipil 85....wes senior yaaa...saya perlu kontaknya mas fahmi, ada kerjaan yg serupa dg TA nya mas fahmi...mungkin bisa dibantu yaa....081330424374

    BalasHapus