Minggu, 26 Juni 2016

Memenangkan Hati Anak

Jurnal Digital

21 Ramadhan 1437 / 26 Juni 2016 / hari 21

Memenangkan Hati Anak

Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional setiap tanggal 26 Juni, BNN Kota Surabaya mengadakan Pagelaran Seni Budaya di Taman Bungkul Surabaya. Jika kami para duta mengangkat tema lawan narkoba dengan prestasi, maka BNN mengangkat tema yang tidak kalah menarik, "Listen First, Mendengarkan suara hati anak-anak dan generasi muda merupakan langkah awal untuk membantu mereka tumbuh sehat dan aman dari penyalahgunaan narkoba", itu tema yang diangkat oleh BNN.

Selama ini, orang tua sering menjadi penasehat yang baik bagi anak, akan tetapi sangat jarang bisa menjadi pendengar yang baik. Padahal, hubungan antara anak dan orang tua, haruslah hubungan 2 arah, bukan hanya 1 arah. Tidak jarang anak lebih dekat dan lebih percaya kepada kawannya dibanding orang tuanya. Karena kawannya lebih pandai memenangkan hatinya daripada orang tuanya sendiri. Celakanya, ketika kawannya malah membawa anak-anak ini ke pergaulan bebas atas nama solidaritas. Fakta menunjukan bahwa ketika seorang anak menjadi korban penyalahgunaan narkoba, orang tua adalah orang terakhir yang mengetahuinya.

Upaya perlindungan anak dari penyalahgunaan narkoba memang harus dimulai dari lingkungan terdekat, yaitu keluarga. Dan sebelum melakukan hal tersebut, orang tua harus terlebih dahulu memenangkan hati sang anak. Jika orang tua gagal memenangkan hati anak, jangan salahkan ketika anak mencari pemenang hatinya yang lain. Sesekali, cobalah menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Terkadang, anak2 sudah terlalu bosan menjadi pendengar yang baik, sedangkan mereka tidak diberi waktu untuk berbicara dari hati mereka. Berikanlah mereka waktu untuk berbicara. Dan sebagai orang tua, sediakanlah waktu untuk mendengar dengan baik suara hati mereka.

Jangan biarkan anak kita mendapatkan pemenang hati yang salah, sementara kita sebagai orang tua malah menjadi pecundang bagi hati anak-anak kita. Menangkan hati mereka dan kawanilah mereka dalam tumbuh sehat, kuat, dan aman dari penyalahgunaan narkoba.

Semoga kita bisa menjadi orang tua yang bisa menyenangkan dan memenangkan hati anak-anak kita, demi terwujud generasi emas Indonesia yang bebas dari Narkoba. ☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar