Selasa, 07 Februari 2017

Ujian

Hari 38/365

7 Februari 2017

Setelah lulus dari Madrasah, aku menemui beberapa hal yang mungkin berupa pertanyaan-pertanyaan yang menjadi pertanyaan ujian tulis ketika masih di Madrasah dulu. Jangan tanya seputar apa, banyak tentunya. Apalagi terkait agama. Bukan hanya itu, aku juga menemukan hal-hal yang dulu ketika di masih di Madrasah adalah hal yang sangat terlarang. Mulai dari hal yang sepele, sampai pada yang benar-benar tidak pantas untuk dilakukan.

Salah satu ustadku pernah mengatakan bahwa ujian yang sebenarnya bukan ujian akhir semester ini, tapi ketika kalian nanti telah lulus dari Madrasah ini dan berkiprah di masyarakat luas. Dan terkadang, karakter seorang manusia harus dipaksa untuk dibentuk dengan aturan-aturan yang terlihat mengekang demi bekal masa depan.

Maka, anggaplah setiap ujian apapun yang masih bersifat akademis dengan seorang penguji, sesungguhnya adalah simulasi untuk bekal berkiprah di masa depan, ujian apapun itu, termasuk ujian stase ini. Selesaikanlah setiap ujian yang masih ada pengujinya dengan sungguh-sungguh dan dengan berintegritas. Karena bisa saja suatu hari nanti ancaman kegagala ujian bukan sekedar tidak lulus, tapi juga mempertaruhkan reputasi dan pertanggung jawaban, baik dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar