Senin, 04 Juli 2016

Menata(p) Masa Depan

Jurnal Digital

29 Ramadhan 1437 / 4 Juli 2016 / hari 29

Menata(p) Masa Depan

Mereka berdua adalah dua orang dari sebagian kecil kawanku di kampung yang membuatku tidak merasa asing ketika pulang kampung. Mungkin karena sebagian hidupku lebih sering kuhabiskan di kampung-kampung orang, aku kadang merasa asing di kampung sendiri. Mereka berdua adalah Hendra dan Fajar. Kami bertiga sudah bersahabat sejak lama.

Bahkan aku dan Hendra sudah berkawan sedari TK. Persahabatan kami bertiga bisa dibilang unik. Kami lebih sering bertengkar, berdebat, saling mengejek, saling membunguli, saling rasan-rasan, dan kadang saling benci, tapi tetap saja selalu main dan tertawa bertiga. Bungul banar jar orang banjar.


Ketika idul fitri setiap tahunnya, kami pun selalu kompak untuk jalan-jalan silaturahim kemana-kemana bertiga. Mungkin kami bersahabat seperti anak kecil, tapi aku suka. Kami bertengkar, berdebat, ribut, bahkan frontal, tapi selalu diakhiri dengan tertawa. Tidak ada dendam sama sekali, hanya tawa saja dan kemudian bertengkar lagi, berdebat lagi, ribut lagi. Tadi sore kami mengadakan buka bersama kawan-kawan lama dan lagi-lagi yg pertama kali datang kami bertiga, padahal kami tidak janjian.

Sebenarnya aku lebih suka menyebut buka bersama tadi sore sebagai pesta bujang. Ya, karena salah satu dari kami pada bulan ini akan mengakhiri masa lajangnya secara hakiki. Aku turut bahagia, tapi juga sedikit khawatir. Apa besok ketika sudah berpasangan, dia masih bisa kami ajak main bersama? Bertengkar lagi, berdebat lagi, ribut lagi? Kalaupun tidak bisa, maka maklum adalah keharusan.

Mungkin ini juga sebagai pengingatku bahwa aku sudah beranjak tua dan (semoga) dewasa. Beberapa kawanku bahkan akan dan sudah membangun rumah tangga. Diumur yang sekarang, sudah saatnya selain selalu bermain dan menikmati hidup, aku juga harus mulai untuk menata dan mempersiapkan diri untuk kehidupan masa depan secara serius.

Jadi, selamat (akan) menempuh hidup baru ya Hen! Tetap asik dan tetap usik sama kita ya! Dan semoga rumah tangganya nanti sakinah, berkah, dan berprestasi, aamiin. 

Semoga aku sama Fajar bisa segera nyusul juga ya! 

PS: kalo buka bersama, jangan lupa sholat bersama (jamaah) juga ya! ☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar