Sabtu, 10 Maret 2012

You Will Never Run Alone

 'You will never walk alone',pernah dengar atau baca kata-kata itu gak?mungkin sebagian dari kalian ada yang pernah dan sebagian yang lain juga ada yang belum pernah.Itu adalah semboyan klub liga primer Inggris,Liverpool.Walaupun aku gak terlalu suka sama tim yang berjuluk The Reds (gak pake 'Devil') Tapi aku suka sama semboyan mereka.Ya,'You Will Never Walk Alone',tentu semua dari kita tau artinya kan?oke,kalau ada yang belum tau artinya,perlukah saya jelaskan secara lafziyah?nampaknya itu tidak perlu pemirza,maksud saya pemirsa.Artinya,'Kamu Tidak Akan Pernah Berjalan Sendirian'.
Maknanya mungkin kamu gak akan pernah berjalan sendirian kalo lagi nonton Liverpool bertanding !! karena di sampingmu,di belakangmu,atau di depanmu (mungkin) ada orang tuamu,kakekmu,gebetan,temen,atau semua liverpudlian yang pengen nonton Liverpool main.Emang kamu aja yang pengen nonton Liverpool main? LOL.

 Ok,back to the topic,semboyan ini pula yang menginspirasiku untuk membuat tulisan ini,sekaligus membuat aku mengingat kejadian masa lampau yang sebenarnya gak lampau-lampau banget.sih. Kejadian tersebut terjadi,dan memang sering terjadi sampai mungkin menjadi sebuah rutinitas dan ritual wajib waktu aku kelas 2 MA (gak pake 'S').Masa-masa jahiliyah atau renaissance bagiku,sholat shubuh dikamar,abis itu tidur lagi dan baru bangun jam 6:12 (paling cepet),kadang malah bolos sekolah,dan masih banyak lagi perilaku jahiliyah lainnya yang kulakukan (masih dalam batas normal tentunya) bersama kawanku,yang sebut saja namanya Alwiyan alias Paijo (nama dan panggilan sebenarnya)

 Waktu aku kelas 2 MA (gak pake 'S') aku sekamar dengannya dan juga seorang lagi,yang sebut saja namanya Abi alias Korcen (nama dan panggilan sebenarnya).Karena kebiasaan burukku,juga buruknya paijo,juga buruknya korcen,atau buruknya sebagian besar temanku di asrama waktu itu,atau mungkin (memang) bertahan sampai sekarang,yaitu tidur setelah sholat shubuh di kasur yang empuk,nyaman dan hangat,ada juga tapi kasur yang gak pernah di pake tidur sama orang-orang karena 'angker',takut sama yang punya (kasurnya Ojat (nama sebenarnya)),juga kasur yang penuh dengan pakaian (kasurnya boim (nama sebenarnya)),atau juga kasur yang banyak pindingnya (serangga kecil di kasur) jadi bikin gatel (kasurnya lutung (panggilan sebenarnya)),dan masih banyak lagi kasur dengan bermacam-macam karakter dan bentuk iler.

  Tapi yang lebih buruk dari itu,kami rata-rata baru bangun jam 6 lewat,dan karena hal itu,kami sering melakukan rutinitas pagi (mandi dkk) dengan buru-buru,namun santai dan khusyuk.Kalo dalam lagu anak-anak,'bangun tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi' dan bla bla bla,lain halnya denganku atau yang juga teman-temanku kebanyakan lakukan,lagunya berubah jadi,'bangun tidur ku ambil piring,lalu lari ambil sarapan' dan bla bla bla.Makan menjadi hal yang penting disini,dan makanan bisa menjadi barang langka dan faktor yang membuat kami menjadi seperti serigala-serigala liar !! dan hanya wanita yang mampu menjinakkan perilaku liar tersebut !! kok malah sampe sini ya?oke,.jadi bagiku dan teman-temanku yang lain,makan nomor satu,mandi mah urusan belakangan.Inilah yang kumaksud buru-buru tapi santai dan khusyuk.

 Setelah perut terisi makanan,baru deh mandi,tapi biasanya ngisi air dulu di ember sampe penuh,sukur kalo air asrama lagi gak mati,karena di asramaku dulu,kalo udah jam 6 lewat,airnya pasti udah mati,harus nunggu lumayan lama lagi,alternatifnya mandi pake air minum steril yang ada kerannya,dan ya,aku pernah melakukannya sekali.Tidak,mungkin dua kali?apa tiga ya?atau mungkin sudah berkali-kali?lupa deh,gak ingat.Tapi bukan cuma aku kok yang kayak gitu,banyak kok yang ngikutin,jadi aku gak sendirian,tapi berjamaah.

 Biasanya sambil nunggu air hidup/penuh,aku nyetrika seragam sekolah yang abis di mbah ringgo dulu,masih santai dan khusyuk,kayak gak ada beban deh,(emang ada ya?) padahal itu udah mau telat !!! telat !!! (aah,santai *sambil nyengir).Kalo air sudah idup/penuh,seragam udah licin dan siap pakai,piring udah di cuci,baru deh mandi..Nah kalo urusan mandi,di asrama itu sampe sekarang gak ada yang ngalahin khusyuknya Paijo,Mahenda,Barid alias Badir,sama Aslam alias Papua (sebut saja namanya itu (semua nama dan panggilan sebenarnya)).Kalo ada mandi berjamaah,mungkin mereka berempat cocok jadi imamnya.

 Disinilah klimaksnya,abis mandi itu baru nyadar kalo ini sudah jam setengah tujuh !! setengah tujuh sudah ini !!! DAMN !!disini deh baru mulai buru-burunya,langsung melesat menuju kamar,make seragam yang udah di setrika tadi,masukin buku-buku pelajaran ke tas tanpa ngeliat jadwal (udah apal,lagian jadwalnya emang gak nulis) lari kebawah,sampe bawah (lantai 1) baru ingat kalo aku lupa bawa dasi,mau gak mau harus mau balik lagi deh ke kamar (lantai 3) ambil dasi dan langsung cabut !! tancap gas pake sepatu,tapi gak pake kaos kaki,kalo juga make pasti bukan kaos kakiku,karena aku baru ingat lupa bawa kaos kaki pas sampe bawah tadi,jadi minjem deh kaos kakinya sama sepatu di sebelah,sepatu yang di pake juga kadang-kadang asal comot,gak jarang aku sekolah malah make sepatu orang (bahkan sekarang aku sekolah make sepatu orang tiap hari) dan akhirnya setelah semua sudah siap,sarapan udah,mandi udah,seragam udah,dasi udah,kaos kaki udah,sepatu juga udah,saatnya berlari !! bukan berlari mengejar mimpi,tapi berlari mengejar gerbang madrasah yang akan di tutup !!! dan akhirnya .... aku terlambat.Tapi ternyata di belakangku banyak juga yang pada telat tapi masih lari-lari ngejar gerbang.Seandainya aja liriik lagu KOTAK yang tendangan dari langit beneran bisa jadi nyata,gak bakal aku berdiri di luar gerbang madrasah yang udah di tutup ini,pasti aku udah didalam.

 Mau tau kenapa?karena kata mbak Tantri,'pasti,kita terbang tinggi,bila terus berlari,teruslah tanpa henti',nyatanya aku gak terbang-terbang,padahal udah lari dari asrama.Akhirnya gerbang di buka,dan kami para 'pelari-pelari' telat harus berolahraga pagi terlebih dahulu sebelum bisa masuk kelas.Yap,lari lari lagi,kelilingin lapangan basket madrasah,biasanya empat kali,dan rame-rame,tapi gak pake nyanyi-nyanyi kayak anak-anak HW atau TONTI kalo lagi pada lari.Padahal aku yakin,kalo dihukumnya lari bareng sambil nyanyi yel-yek gitu,pasti bakal keren,percaya deh.Dan sia-sialah perjuangan kami para pelari-pelari tanpa obor olimpiade yang berlari dari asrama sampai madrasah ini,karena sampe sini malah di hukum lari lagi.

 Dari sinilah aku menciptakan semboyan untuk diriku sendiri,'You Will Never Run Alone' atau kamu gak pernah lari sendirian.Sampe sekarang pun,aku kadang masih telat,walau gak pake rutinitas atau ritual jahiliyah jaman dulu lagi,tapi bedanya sekarang,kalo aku telat,sudah gak ada lagi hukuman lari kelilingin lapangan basket,hukumannya udah di ganti jadi sholat duha di masjid,kupikir ini lebih baik daripada hukuman sebelumnya,bener kan?hati menjadi lebih sejuk setelah sholat duha,padahal sebelumnya was-was gara-gara telat.Mungkin suatu saat nanti ada semboyan baru lagi,'You Will Never Sholat Duha Alone'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar