Selasa, 13 Maret 2012

Bolos sekolah apa Sakit beneran ??

  Ini cerita waktu aku kelas 2 MA (gak pake 'S').Waktu itu rasanya emang jaman jahiliyah banget deh,tapi aku gak sendirian,aku sebenarnya sama dua orang temenku yang keren,yang satu mirip Bondan Prakoso,mbuh bener apa gak,sebut saja namanya Alwiyan alias Paijo (nama sebenarnya) dan satu lagi,orang dari Klaten,tapi aslinya Ternate,tapi sekrang udah tinggal di Klaten,jadi anggap aja dia orang Klaten,sebut saja namanya Abi alias Korcen (nama sebenarnya).Kami Bertiga adalah makhluk-makhluk yang sempat menjadi saksi hidup jaman jahiliyah yang sebenarnya kami sendiri juga yang menciptakannya tersebut.
Banyak banget kejahiliyahan yang kami lakukan,walaupun jaman udah terang benderang,kayak rebutan makanan,trus lauknya dobel dobel (dua),atau malah tripel (tiga),atau ada juga yang sampe lima !!! apalagi kalo lauknya ayam kalo gak rendang,ruang makan yang damai dan bersih,berubah seketika menjadi medan perang para manusia-manusia semi serigala yang kelihatan kelaparan dengan mata merah dan air liur menetes !!! tapi yang bagian serigalanya,itu cuma khayalanku aja,gak bener kok.

  Selain itu,sering sholatnya gak jamaah,tapi jamaah,maksudnya gak ikut sholat jamaah di aula,tapi malah bikin jamaah sendiri di kamar.Dan diantara sekian banyak kejahiliyahan yang kami lakukan,ada satu kejahiliyahan yang menjadi favorit kami,yaitu bolos sekolah.Ya,bolos sekolah,bolos gak masuk sekolah,dan rekor bolos sekolah terbanyak waktu itu dipegang oleh Paijo,disusul olehku.Gak tau kenapa waktu kelas 2 MA (gak pake 'S') dulu ,kadang rasanya malas banget buat sekolah,mungkin lagi kena serangan penyakit futur,tapi keseringan.Atau juga karena keseringan bangun kesiangan,gara-gara tidur lagi abis sholat shubuh,pas di bangunin buat sekolah,malah nunda-nunda dulu,kayak,'aaah,,masih jam 6,tidur bentar lagi ah',gak taunya pas bangun udah jam setengah delapan,jadi males deh berangkat sekolah.

  Nah waktu itu,penyakit malas itu kembali hadir mengetok pintu jiwaku,dan sialnya aku malah bukain pintunya dan ngizinin si 'malas' ini buat bertamu dalam diriku !! tapi ternyata aku gak sendirian,ternyata si' malas' gak cuma bertamu ke diriku,tapi juga ke diri kedua orang temen sekamarku,Paijo dan Korcen,dan akhirnya kami bertiga pun kembali bolos sekolah,tapi tetep minta surat izin atas alasan sakit (padahal juga paling pol cuma penyakit kulit,kayak sakit panu,tapi izinnya tetep sakit,tapi bukan aku yang panuan).Waktu itu aku bosan tiduran dikamar,akhirnya aku mutusin buat main ke kamar J,kamar temenku yang juga masih di lantai 3,Paijo malah hijrah tidur ke kamar B lantai 1,dan si Korcen malah gitaran di kamar I,kamar sebelah kamar kami bertiga..

  Dan kejadian pada hari itu,emang gak di sangka-sangka dan gak di duga-duga,ternyata pak Farhan yang juga guru BK (bimbingan konseling) angkatanku pas waktu itu,lagi ngadain inspeksi ke asramaku buat ngecek 'anak-anaknya' yang katanya lagi sakit ini !!! tapi untungnya inspeksinya cuma inspeksi pribadi,sifatnya sih paling cuma pengen ngejenguk kali ya,bayangin aja kalo ternyata beliau inspeksinya bawa satu kompi tim BK,trus dipimpin sama Pak Isro,mampus deh kami.Nah,si Korcen yang dari tadi gitaran belum tau kalo ada pak Farhan yang sedang menuju asrama kami,begitupun denganku yang lagi baca buku,apalagi Paijo yang masih sibuk dengan tidurnya.Waktu si Korcen udah puas gitaran,trus dia keluar dari kamar temenku itu,eeh,dia malah ketemu sama pak Farhan,akhirnya terjadilah percakapan yang menjelaskan maksud pak Farhan main ke asramaku,
            
 F : 'Le,Alwiyan (paijo) neng ndi?' (alwiyan mana?)
 K : 'Mbuh pak,turu keto'e,loro de'e pak' (gak tau,kayaknya tidur,sakit dia pak)
 F : 'Oh,ngono to,turu neng ndi de'e?' (oh,begitu,tidur dimana dia?)
 K : 'Neng kamar ngisor keto'e pak' (di kamar bawah kayaknya pak)
 F : 'La,kwe ngopo ra sekolah le?' (kamu kenapa gak sekolah?)
 K : 'Loro e pak' (sakit pak)
 F : 'Loro opo?' (sakit apa)
 K : 'Gatelen e pak' (gatal-gatal pak)
 F : 'Seng ndi seng gatel?tak delok kene!! (mana yang gatal?saya liat sini !!)
 K : 'Waah,neng PANTAT e pak !!' (wah,di pantat e pak)
 F : 'Owalah,yo wess.Wess adus rung kwe?' (owalah,ya udah.Udah mandi belum kamu?)
 K : 'Hurung pak' (belum pak)
 F : 'Gek adus kono' (cepet mandi sana) (sembari meninggalkan Korcen)

  Aku gak tau ni anak dapat angin dari mana,atau kesambet jin apa,tapi dia bisa dapat ide sakit gatel-gatel,di pantat lagi !! hei,itu kalo bohongan dosa kan ya?dan juga sama aja doain diri sendiri -.- tapi kalo ternyata emang beneran,iih,jijik deh.Tapi biar bagaimanapun,ini adalah sebuah alasan kreatif !! daripada jawabannya cuma sakit kepala,sakit perut,atau sakit panu? atau malah sakit hati!!gak banget kan?dan waktu denger ceritanya dari Korcen,aku ketawa banget,sumpah,ngakak deh pokoknya,jurus yang keren,yang mungkin suatu saat bisa di pake buat alasan bolos lagi.

  Setelah kejadian sakit gatal di pantatnya Korcen itu,aku masih belum kapok buat bolos,gak tau kenapa,padahal ya diasrama juga bingung mau ngapain,tapi kalo aku lagi bolos,pasti gak pernah sendirian,selalu ada temennya,kayak Paijo,Rosihana alias Simbah (nama sebenarnya),Purwoto alias Popo (nama sebenarnya),Fadli aias Potok alias Homo alias Gay (nama sebenarnya),dan masih banyak lagi.Tapi sekarang udah gak ada acara yang namanya bolos-bolos kayak gitu lagi,aku dan kawan-kawan akhirnya sadar kalo bolos itu sebenarnya gak baik dan gak sehat,jadi kalopun kami telat atau bangun kesiangan,kami tetap berangkat sekolah,walaupun pas jam istirahat (sekitar jam 09.30 WIB) baru berangkat atau masuk sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar