Rabu, 14 Maret 2012

Ini MIE AYAM apa 'MIE AYAM' ??

  Heran deh ya,kok susah banget nemuin makanan yang namanya mie ayam di kota Jogja ini ?? iya iya,aku tau banyak,deket sekolahku juga ada kok,tapi itu juga baru buka,trus ada lagi mie ayam gress di jalan Ahmad Dahlan kalo gak salah,deket kantor Pos Besar,itu lho yang deket BNI,kalo gak tau yang deket titik nol kilometer ,atau Tamkot,atau Malioboro !!! kalo gak tau juga,tanya deh sama anak Muallimaat !! masih belum ngerti juga?ajak sekalian tu anak Muallimaat makan mie yam disana,pasti nemu deh,di jamin.Jujur aja,aku udah dua kali kesana tapi gak pernah dapet menu mie ayam,kata abangnya udah habis dek,tinggal siomay sama bakso,ya mau gak mau deh akhirnya beli.

  Trus juga ada lagi mie ayam yang lumayan enak (hampir sama kayak mie ayam di rumah,tapi jauh beda,yaa satu dua belas lah) yang pernah kurasain di Jogja,itu mie ayam yang di belakang shelter Trans Jogja Ahmad Dahlan,yang di depan masjid punokawan itu lho,tau kan ? kalo gak tau,cara nyarinya gini,kamu naik Trans Jogja dari shelter di JEC (Jogja Expo Center) (kalo gak tau JEC tanya sama orang jogja),trus ngomong sama yang jaga shelter,'mbak turun di shelter Ahmad Dahlan/PKU yang sebelah selatan ya !!' entar pasti nemu shelternya,di jamin deh.Tapi mie ayamnya cuma buka sore menjelang malam,dan sedihnya kok tu tempat mie ayam udah gak pernah buka lagi ya ?? kayak hilang di telan trotoar,gak tau deh.Mungkin hanya Tuhan yang tau,dan biarlah itu tetap menjadi rahasia illahi.

  Ok,bicara tentang mie ayam,aku punya pengalaman menarik.Jadi waktu itu aku masih kelas 2 MA (gak pake 'S') awal awal.Waktu itu aku kepengen banget semi ngidam sama makanan yang satu ini,yaitu mie ayam.Sampai pada suatu hari nafsuku terhadap makanan ini sudah tak terbendung lagi,dan hanya ada satu cara untuk melampiaskannya...ya hanya itu...bukan nyodom lho,apalagi onani -.- tapi aku harus nyari pelaku utama yang buat aku kayak gini,yaa,pelakunya adalah mie ayam.Akhirnya aku memutuskan untuk berburu mie ayam.Aku hanya mengajak satu orang temanku,sebut saja Rasyd alias Abdjel (nama sebenarnya).Kami berdua hanya berbekal dompet yang berisi duit yang cukup buat beli mie ayam,tanpa pengalaman dan hanya bermodal nekat dan tekad ala bonek,tapi tetap bawa duit.

  Sebenarnya aku ngajak dia buat nemenin nyervis kamera di Jogja Tronik (JT),tapi ya sekalianlah berburu mie ayam,sapa tau aja entar di tengah jalan malah nemu mie ayam,tapi gak mungkin deh,ya masa iya di tengah jalan ada orang jualan mie ayam ? pastinya di pinggir jalan lah.Ketika malam tiba,akhirnya kami pun mulai bergerak,biar ke JT kerasa deket,kami memutuskan untuk memiliih jalan di bagian timur alun-alun utara Jogja.Dan ketika di tengah jalan,BINGGO!!! bagai ulam di nanti,pucuk pun tiba !!! aku nemu warung yang ada tulisannya 'MIE AYAM' ya 'MIE AYAM' aku yakin gak lagi mimpi,soalnya capeknya jalan kaki kerasa dan juga gak lagi berfatamorgana,soalnya lagi gak di gurun pasir yang panas.

  Gak pake gak basa-basi,jadi basa-basi dulu sama abdjel,sok sok ngomong lapar trus nunjuk tu warung yang ada tulisannya MIE AYAM,dan akhirnya dia pun manut buat beli mie ayam.Pas udah masuk,aku langsung pesen mie ayam 2 mangkok sama es teh dua gelas.si abdjel gak mesen apa-apa,soalnya udah tak pesenin kok yo.Lumayan lama juga sih nunggu mie ayamnya,lagian ibunya buat mie ayamnya di dalam,gak kayak mie ayam  yang biasanya udah nyediain gerobak depan warungnya.Sebenarnya sih,di bilang warung mie ayam,gimana ya,malah mirip warung burjoan/indomie sih ya,tapi gak apalah,demi makan mie ayam,pokoknya apa aja deh buat dia (mie ayam,red).

  Maklum lah,udah setahun gak makan mie ayam,dan tiba-tiba dia hadir di depan mataku sekarang (tapi masih belum datang pesenannya)bayangin deh gimana senengnya,bagiku,kayak anak kecil umur 2 apa 3 tahun gitu,baru dapat mainan robot-robotan baru gitu !!! warna merah pula !!! pokoknya seneng banget deh.Akhirnya si ibu keluar membawa dua mangkok putih berkepul asap,rasanya kayak ngeliat bidadari keluar dari pintu bawa dua mangkok,trus di belakangnya ada cahaya terang gitu,trus lagi ada burung-burung merpati sama kupu-kupu terbang di sekitarnya,sama kura-kura jalan di lantai (apa hubungannya kura-kura sama burung merpati?) pake slow motion gitulah.

  Dan berakhir sudah drama slow motion tadi pas si ibu datang ke mejaku,dan taraaa...!!!! ini lah mie ayamnya !!! dan tau wajahku yang sumringah semi bahagia kayak anak kecil baru dapat robot-robotan baru yang warna merah,berubah drastis 540 darojat !!! derajat maksudnya.Gimana enggak coba ??dalam hati aku bertanya,ini mie ayam apa mie ayam ?? apa mie ayam jaman sekarang udah berevolusi ya ?? dan aku ketinggalan kabar gara-gara setahun gak makan mie ayam ?? berevolusi ??evolusi kampret lah !!! masa iya mie ayam isinya cuma mie instan pake sayur sawi,trus di kasih ayam bulet bulet gitu !!! bagian sayap lagi !!! jadi ini yang namanya mie ayam ?? apa aku yang amnesia ya waktu itu ?? lupa kalo bentuknya mie ayam itu kayak gitu,tapi ternyata enggak,si abdjel juga ternyata sadar,awalnya aku liat-liatan sama abdjel,ragu mau makan ni mie ayam apa enggak,tapi ya akhirnya makan juga,masa iya mau di buang.

  Waktu itu kukira aku lagi di kerjain stasiun tv mana gitu ya,jadi sabar aja,lumayan kan kalo ternyata bener,bisa masuk tv.Dan tau yang lebih buruk lagi ? ternyata harganya sama kayak mie ayam normal -.- sampe sini aku masih sabar,nungguin kru acara ini datangin aku,trus bilang kalo aku lagi dikerjain dan lagi masuk di acara 'XXX' (sensor,red).Abis bayar trus nerima kembalian,aku masih berdiri disitu nungguin kru acaranya datang,tapi kok gak datang-datang ya?jalan pelan-pelan,sapa tau aja krunya lagi telat,jalan trus sampe akhirnya nyampe di Jogja Tronik dan aku baru sadar kalo tadi itu beneran dan aku gak lagi di kerjain !!! sialan !!!aku bayar mahal cuma buat makan mie ayam yang aku juga bisa buat di asrama !!! tapi semua udah gak berguna,karena udah terjadi juga.


  Sampe sekarang,aku masih ingat banget tragedi mie ayam itu,dan abdjel juga pasti masih ingat.Kalo di ingat ingat,mangkel sih,tapi akhirnya ketawa juga,lucu aja ya,ada orang kreatif yang jual mie ayam kayak gitu.Sebenarnya dari nama gak salah sih ya.cuma mungkin karena bentuknya mie ayam udah paten,jadi ngeliat mie instan pake sayur sawi trus di kasih sayap ayam gitu,malah jadi tabu.Padahal kan sama sama mie ayam ? mie pake ayam maksudnya.Mulai dari itu juga aku kadang lebih berhati-hati kalo mau beli mie ayam,tau kenapa ? karena bisa aja nanti pas pesen mie ayam,beneran sih di kasih mie ayam,tapi isinya entar cuma mie instan pake sayur sawi,gak di kasih ayam,tapi malah di liatin ayam hidup,kan sama aja MIE AYAM mie (nunjuk mie) sama ayam (nunjuk ayam hidup)),jadi hati-hati kalo mau beli mie ayam,dimanapun.

1 komentar:

  1. haha :D
    kapan-kapan indah kejogja kita makan mie ayam y k :D
    tapi mie ayam yang kayak digrogo k :D

    BalasHapus