Jumat, 30 Desember 2011

Mbah Ringgo

 Suatu malam,entah malam apa aku lupa tepatnya,yang jelas bukan malam jumat,aku lagi nongkrong di atas genteng asrama,gak jelas lagi ngapain atau mau ngapain,galau juga enggak,ngecek HP,ternyata HP juga sepi,gak ada satupun orang yang ngirimin sms,sampe orang kesepian yang biasanya ngirimin sms kayak gini,
  "Hai semua,lagi ngapain?:D"
  atau
  "Hai,met malam all!! ^.^"
juga gak ada!!!walaupun kadang juga mangkel di sms sama orang kesepian kayak gitu,soalnya kalo nanti di balesin,ujung-ujungnya malah ditinggal smsan sama orang lain,kalo gak di tinggal tidur.

 Tapi bukan disitu poinnya,di tengah-tengah ketidak jelasan perasaan tadi,aku baru sadar kalo besok itu hari senin!!!mungkin biasa aja yaa,tapi jadi gak biasa karena aku baru sadar kalo ternyata udah dua minggu aku belum nyuci seragam sekolahku buat besok!! ooh..damn..
 Kalo anak rumahan sih,pasti jarang ngalamin hal yang kayak ginian,paling juga kalo ingat belum di cuci,tinggal di masukin kemesin cuci,beres deh.Tapi aku?aku bukan anak rumahan bung!!bukan pula anak jalanan!!aku anak mu'allimin!!MU'ALLIMIN!!dan aku belum nyuci seragamku yang harusnya ku pake besok pagi!!
  Kalo situasinya udah gawat gini,mana lagi,waktu ku tengok jam di HP ku,ternyata udah jam 8 lewat 15!! berarti cuma ada beberapa pilihan yang bisa kuambil,sejenak aku diam berpikir,

  1.    1.Tetap nongkrong di atas genteng,bodo amat seragam belum di cuci dua minggu,besok pagi abis mandi,langsung setrika aja seragamnya,trus berangkat deh => kemproh!!(udah di lakuin minggu kemaren)
     
  2.    2.Sibuk nyari seragam temen yang bakal gak berangkat besok,entah bolos,atau mau pura-pura sakit,atau apalah,yang penting gak berangkat,kalo gak di doain sakit biar bisa munjam seragamnya => jahat!!(udah di lakuin juga 2 minggu yang lalu)   
  3.    3.Ambil ember,ambil sabun cuci,menuju tempat nyuci,langsung deh menerapkan Mbah Ringgo (Umbah Garing Dinggo) => cuma ini yang bisa ku lakukan saat ini

 Saat itu juga,aku langsung berlari menuju lemariku,ambil ember,ambil sabun cuci,ambil seragam yang belum di cuci,menuju tempat eksekusi,tapi gak lupa bawa headset.Sampe di tempat eksekusi,keran aku hidupkan,sambil menunggu airnya terisi,kupasang headset di telingaku,yang kusambungkan di HP ku,kemudian memutar MP3 lagu dangdut koplo!!biar ada semangat ala TKI Indonesia yang kerja di luar negri.Setelah semuanya siap,akhirnya kulakukanlah ritual UMBAH (mencuci) kucek,kucek,kucek sekuat tenaga biar bersih,sambil tetap dengerin dangdut koplo biar tambah semangat!!bayangin,dua minggu udah di pake belum di cuci juga,that's really stink.

 Hal yang harus di perhatikan dalam ritual ini,yaitu setelah tahap "pembilasan",karena setelah tahap "pembilasan" ada tahap "pemerasan",di tahap ini aku harus mengeluarkan tenaga kuli yang kupunya,biar airnya pada keperas semua,walau tetap basah,tapi seenggaknya membantu proses selanjutnya.
  
 Ritual selanjutnya adalah GARING (kering),setelah pakaian sudah benar-benar di bilas dengan bersih dan di peras hingga masih basah,ku jemur lah pakaian tersebut di jemuran di atas asrama.Sambil menjemur,aku tidak lupa berdoa pada Allah,semoga malam ini Allah memberikan nikmat hujannya di tempat lain,tidak di daerah ini,amin.Setelah menjemur,aku kembali pada rutinitas sebelumnya,nongkrong gak jelas,sambil berharap besok tetap bisa berangkat sekolah dengan seragam yang sesuai.

 Pagi pun menjelang,tapi aku gak pernah dengar ada ayam berkokok tiap pagi disekitar sini.Sebenarnya aku sudah bangun sejak shubuh tadi,karena ada pelajaran shubuh yang harus aku ikuti,namun setelahnya aku kembali melanjutkan tidurku dan tidak menghiraukan seragamku yang harusnya aku ambil pagi itu.Aku bangun jam 6,dan itu sudah terlalu siang.Nyari kamar mandi kosong,ada yang kosong langsung sambet,gak peduli siapa yang antri,gak peduli orang pada teriak-teriak marah sambil gedor-gedor kamar mandinya,pokoknya aku harus mandi duluan pagi ini!!

 Abis mandi,jemur handuk di jemuran sambik ngambil seragamku yang ku cuci tadi malam,ternyata belum kering sepenuhnya!!tapi gak apa apa,karena ritual "GARING" masih berlaku.Ku siapkan setrika panas,lalu ku setrika seragam yang masih sedikit basah itu,ritual ini di sebut juga "menggoreng",karena memang seperti menggoreng,seragam basah,disetrika,maka menimbulkan suara "Nyesssss" seperti ikan lagi di goreng diminyak panas!!llalu baunya juga menggoda,hmmm...ok,kembali ke setrika,ku setrika seragam tersebut hingga agak kering,dan yeah!!aku berhasil!!seragamnya sudah agak kering!!uyee..

 Setelah seragamnya kering,kini tinggal melakukan ritual terakhir,yakni "DINGGO",hahahaha.Akhirnya aku pun tetap berangkat ke sekolah dengan pakaian bersih yang sudah aku cuci,gak kemproh,gak jahat,dan gak haram.Tapi,besok-besok aku udah gak boleh kayak gini lagi,karena ternyata,hal ini mengganggu rutinitasku,yaitu nongkrong di atas genteng asrama.

1 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus