Sabtu, 09 Maret 2013

Bener tur ra pener

  Aku pernah terlibat suatu percakapan yang cukup menarik namun singkat dan jadi pelajaran buatku,dan mungkin juga buat kita semua.Maka,ga ada salahnya buat di tulis sebagai pengingat,hehe.Jadi ceritanya gini,waktu itu aku lagi dapat jadwal kuliah sampe malam.Karena kuliahnya sampe malam,otomatis kebanyakan kegiatan juga kuhabiskan di kampus,termasuk sholat.Waktu itu aku ikut sholat berjamaah di kampus sama anak-anak.Karena ternyata bukan cuma kelasku aja yang ada jadwal sampe malam,tapi juga kelas 2012 D ada kelas sampe malem,jadi lah berjamaah sama anak-anak kelas D juga.Aku sholat di shaf depan,disamping temenku anak kelas D,sebut saja namanya Ahmad Thoriq (@ahmadthoriiq) (nama  sebenarnya).


  Pas habis sholat,pas baru aja habis salam,nah itu kan waktunya dzikir dan doa tuh,tapi si Thoriq ini,kuliat malah ngecek BB,padahal juga paling ga ada BBM atau sms masuk.Kebiasaan anak jaman sekarang,sukanya ngecekin BB,atau pura-pura sms atau bbman kalo lagi sendirian,padahal ya eggak ngapa-ngapain,cuma ngecek recent update bbm doang.Oke,kembali ke topik.Waktu itu sebenarnya aku lagi berdzikir,tapi baru ¼ jalan,hehehe karena ngeliat si Thoriq ini mainin BBnya,hatiku tergerak buat negur dia,
                 
   Aku   : Ini nih,anak jaman sekarang,kalo habis sholat berdzikirnya sambil pake BB!!! Ckckckck (aku ngomong ke temennya si Adi PW,niatnya negur sambil becandaan aja,biar kesannya ga menggurui.Tapi habis itu Thoriq balesin juga coy)
  Thoriq : Ini nih anak jaman sekarang,kalo habis sholat sukanya ngomongin orang!!! Ckckckckckck

*Jleb*

  Hahahaha yaa kebiasaan anak jaman sekarang emang aneh-aneh,selain suka ngecekin BB tiap saat,kalo habis sholat juga berdzikir pake BB.Tapi yang lebih aneh kayaknya aku deh waktu itu,habis sholat malah ngomongin orang yang lagi ngecekin BB.Akhirnya apa?akhirnya ya sama-sama ga berdzikir kan?sama-sama malah ribut akhirnya,dan yang tertawa menang ya mungkin setan,karena sekali tepuk dua makhluk kena,ckckckck.Hmm setelah kurenungkan,aku jadi teringat pepatah orang jawa yang pernah di ajarkan salah satu guruku,ust Ikhwanudin (@IkhwanudinChe),pepatahnya itu bunyinya gini,”kowe iki mungkin bener,tur kadang ora pener”,kalo ga salah gitu,pokoknya ada bener sama penernya.Artinya,kamu itu mungkin bener,tapi kadang ga pener (pener itu artinya mungkin bisa disamakan dengan tepat).

  Mungkin waktu aku negur Thoriq pas dia ngecekin BB,aku emang bener,tapi aku ga pener (tepat).Ya gimana bisa tepat,wong aku juga akhirnya ga berdzikir,hehehe.Harusnya biar bener dan pener pada situasi itu,kan harusnya aku berdzikir terus berdoa dulu sampe selesai semuanya,nah habis itu baru deh aku tegur dianya.Mungkin pas lagi masang sepatu di luar,atau pas lagi ngobrol,pokoknya ya habis berdzikir sama doa deh,biar apa yang kita nasihatkan,juga telah kita contohkan dan lakukan.Bukannya satu contoh lebih baik ya daripada seribu nasihat?karena terkadang orang lebih menghargai nasihat visual daripada nasihat lingual,artinya nasihat yang di contohkan dengan perbuatan ,terkadang lebih di hargai dan di perhatikan,daripada nasihat yang hanya berupa ucapan,hehehe.

  Sampe sekarang,kalo aku ngeliat ada temenku yang ngecekin BB kalo habis sholat,aku biarin aja.Bukan dalam artian pembiaran gitu aja,tapi di tunda dulu semangat nasihatnya.Di contohkan dulu dianya dengan perbuatan.Jadi aku berdzikir dulu,terus berdoa sampe selesai,nah habis itu,baru deh tak ajak ngobrol sambil di sisipin nasihat,hehehe. Bukannya orang-orang yang beruntung menurut al-Qur’an itu orang-orang yang saling nasihat menasihati dalam kebaikan?iya dong,coba deh cek surah al-alsr.Nah,tapi ada baiknya ketika kita menasihati,selain bener,kita juga harus pener,sesuai konteks dan tepat pada waktu dan tempatnya.Jangan kayak aku pas negur Thoriq itu,itu bener,tapi ga pener,hahaha.Dan yang terpenting,selalu ingat,satu contoh lebih baik daripada seribu nasihat,mungkin nasihat tidak hanya berupa ucapan saja,tapi juga bisa dalam bentuk perbuatan,wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar