Selasa, 21 Oktober 2014

Dibalik doa ketika merayakan ulang tahun

  Ketika seseorang memperingati hari lahirnya alias acara ulang tahun gitu, apa doa yang biasanya paling sering diucapkan oleh teman-teman atau orang terdekatnya? ya, biasanya dan kebanyakan adalah, ”Semoga panjang umur yaa”, dan kadang juga buat orang-orang yang lagi punya pacar, ”semoga langgeng sama si doi yaa”, terus di aamiin in berjamaah. Tapi sadar ga sih, ketika kita merayakan berkurangnya jatah hidup kita tersebut, dan ketika kita mengaamiini dua doa tadi, kita jarang merenungi dua doa tadi. Atau mungkin emang ga pernah direnungin,cuma sekedar di aamiin in aja,itupun ya sekedar ngucap aamiin. Coba deh ucapkan perlahan, kemudian resapi kembali, ”semoga panjang umur yaa”, sudah? nah sekarang coba pikir, sadar ga sih, mungkin ketika semakin lama atau semakin panjang jatah hidup kita di dunia ini, maka kemungkinan semakin banyak pula dosa yang akan kita perbuat, daripada manfaat yang kita berikan bagi umat. Wallahu’alam


  Namun, ketika ada seseorang yang mendoakan, ”semoga cepat merasakan surga-Nya yaa”, malah ga di aamiin in, malah kadang di sinisin lho, ga percaya? well, cobain sendiri deh. Padahal ini juga merupakan doa yang bagus, dan harusnya doa ini juga di aamiin in. Apa gak mau ngerasain surga Nya? mau kan? toh sebagai umat yang beriman, kita juga tau bahwa kita hanya hidup sementara di dunia ini,dan bakal kekal di akhirat kelak.

  Kemudian, doa ke dua, ”semoga langgeng ya sama si doi”, aamiin berjamaah lagi. Tapi kalo ada orang yang doain, ”semoga cepat putus yaa” , wah bakal jadi sorotan nih orang yang doain kayak gini. Dan kayaknya ga bakal di undang lagi ke pesta syukuran ulang tahun temen-temennya. Padahal, mungkin maksud dari, “semoga cepat putus yaa” itu tadi, biar ga pacaran terus menerus, alias segera menikah. Apa iya,kamu mau terus-terusan ngejalanin hubungan yang ga sah dan ga diakuin sama Agama dan Negara? langgeng gitu pacarannya, sampe punya anak cucu, tapi ga nikah-nikah?? enggak kan?? enggaklah. Wait, mungkin kamu ga percaya ya kalo pacaran itu ga sah dan ga diakuin sama Agama dan Negara, buktinya mana gitu ya?okedeh. Jadi gini, kalo dari sisi agama, coba deh sebutkan ayat atau riwayat yang memerintahkan kita buat pacaran?? mana?? ada ga?? ga ada, adanya juga kalo di ada adain sendiri. Dan juga, Nabi beserta para Sahabat pun, ga pernah mencontohkannya. 

  Yang dicontohkan itu adalah ta’aruf dan langsung lamaran, dan ini beda sama pacaran. Nah, sekarang bukti kalo pacaran ga diakuin Negara, ini sih simpel ,coba deh liat di KTP, apa iya ada status pacaran? ga ada kan? yang ada adalah menikah atau belum menikah. Itu sudah cukup jadi  bukti kalo pacaran itu ga diakuin di Agama maupun Negara, oleh karena itu, di doakan cepat putus, maksudnya biar segera menikah, biar sah dan diakuin sama Agama juga Negara.

  Yah, tapi semuanya mungkin kembali kepada persepsi masing-masing. Mungkin juga di balik doa, ”Semoga panjang umur yaa”, ada harapan dan beneran doa kepada Allah, biar yang di doain masih bisa terus hidup sedikit lebih lama lagi, agar bisa selalu memberikan kebermanfaatan bagi umat di muka bumi ini. Dan mungkin dibalik doa, ”semoga langeng sama si doi yaa”, ada yang hatinya sedang tercabik-cabik dan air matanya tertahan, agar terlihat tegar ketika mengucapkannya. Hahahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar