Minggu, 09 Maret 2014

Bhineka Tunggal FK

  Namaku Deny Dwi Hartanto,NPM 12700221. Aku mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Udah gausah nanya kampusku dimana, paling juga kamu gatau kalo kukasih tau alamatnyanya. Kalo emang tetep ngotot mau tau,gini deh, kamu tau dolly? iya dolly, tempat prostitusi yang katanya terbesar se Asia Tenggara, nah deket situ deh kampusku. Oke, sebagaimana lazimnya seorang mahasiswa FK di PTS, pastinya kebanyakan dari kita nih ya, (udah ngaku aja) dulu waktu SMA/MA pasti punya impian buat kuliah di FK PTN.Berharap bisa jadi bagian dari sejarah FK-FK PTN terkenal, tertua, terbaik, dan ter ter lainnya. Gitu juga aku sob, dulu waktu MA, pas SNMPTN, mimpiku itu, aku pengen bisa jadi bagian dari FK UNS :’D dan pilihan duanya adalah FK UNMUL. Tapi ya namanya hidup, manusia punya rencana buat hidupnya, Allah mah juga punya Maha Rencana buat hidup hambanya ini, dan ya, salah satu Maha Rencana Alah itu adalah aku gagal di SNMPTN ku hahahaha…oke, cukup meratapi kegagalannya, let’s move on,perjuangan berlanjut.

  Setelah gagal di SNMPTN, aku tetep ga nyerah buat daftar di FK-FK swasta sekitaran DIY. Yap, aku coba daftar di UMY sama di UII. Pokoknya ngebet banget deh buat kuliah di sekitaran DIY, atau paling mentok ya sekitaran Jawa Tengah ajalah. Maklumlah, mungkin juga karena udah nyaman sama suasananya Jogja, secara udah 3 tahun sob sekolah di jogja, dari datang kesini yang belum punya siapa-siapa, sampe lulus MA yang sekarang udah punya siapa aja, kecuali pacar. Iya, kecuali pacar. Hupet deh :| Oke, kembali ke topik, nah setelah beberpa kali nyoba sana sini, eh ga sana sini juga sih, cuma UMY sama UII aja ding, dan akhirnya, aku sadar kalo rencanaku buat kuliah di DIY, kayaknya emang ga sejalan sama Maha Rencananya Allah :”D aku gagal lagi dan gagal lagi..ah, mungkin bukan gagal sih, cuma ketunda aja, iya ketunda keberhasilannya…padahal, waktu itu, waktu status masih belum jelas, mahasiswa belum, siswa juga udah bukan, beberapa temenku udah lega, keterima kuliah disana sini. Ada juga temen sekelasku yang udah keterima di FK UII, padahal tesnya bareng, jleb banget rasanya waktu itu sob :”))

  Sempat timbul keinginan buat banting stir aja, gajadi masuk FK dan gajadi dokter, banting stir ke FH aja, jadi pengacara atau ahli hukum aja deh, selamat tinggal cita-cita masa kecil.. :”)) tapi, setelah merenung lagi, okedeh,aku percaya sama janji Allah, dibalik setiap kesulitan, pasti ada kemudahan. Dan juga Allah gabakal ngasih ujian yang ga bisa di selesaikan sama hambanya. Sampe titik ini, akhirnya aku nyoba juga tes ke FK-FK luar DIY. Waktu itu sempat daftar di UMM sama daftar di sebuah FK swasta yang aku belum pernah denger namanya, yap FK UWKS. FK swasta yang beralamat di bilangan Dukuh Kupang, Surabaya. Ah, lebih gampang menyebutnya dekat dolly aja. Biarpun udah daftar di kedua FK di Jawa Timur, hati kecilku, masih berharap juga bisa kuliah di DIY, sampe akhirnya aku masih aja ngotot juga buat daftar gelombang 3 UMY waktu itu.

  Dan akhirnya….alhamdulillah….setelah penantian selama berminggu-minggu pasca melepas status sebagai siswa, akhirnya aku menjemput juga status sebagai seorang mahasiswa :”D iya, status sebagai seorang mahasiswa, dan hei!! Bukan mahasiswa biasa, tapi mahasiswa FK coyy!!! hahahaha…yaah biarpun mahasiswa FK swasta sih :”)) yang kurang terkenal di MA ku dulu, sampe ada salah satu komentar ustadku, yang masih ku ingat banget sampe sekarang, nancep di jantung rasanya, jleb banget rasanya waktu denger komentar beliau, ketika aku ngabarin keterima di FK UWKS,kata beliau sambil setengah ketawa, ”saya gak kenal kampus swasta selain kampus-kampusnya TIIIIT”, gitu deh. Jadi kampus swasta yang beliau kenal itu, cuma kampus-kampus sebuah organisasi Islam yang besar di Bangsa ini, tebak sendiri deh apa. Dan beliau, ga kenal sama kampusku. Jangankan kenal, dengerpun mungkin baru kali ini, huft…apalah mau dikata?? yasudah, senyum kecut aja deh akhirnya :”)

  Tapi, aku tetap percaya sama Maha Rencana Allah, aku keterima di FK swasta yang bahkan ustadku ga kenal ini,pasti bagian dari Maha RencanaNya juga. Mungkin, dengan selalu tertolaknya aku di Jogja sana, Allah emang nyiapin dan ngarahin aku buat kuliah ke sini, ke Jawa Timur, ke Surabaya. And well, banyak juga akhirnya hikmah yang bisa kuambil setelah 3 semester kujalani di FK UWKS ini. Yang pasti, aku keluar dari zona nyamanku di jogja sana, dan kembali menjadi single fighter lagi disini, di Kota Surabaya, di Kota Pahlawan. Kota tempatku kembali mengenyam pendidikan paling tidak untuk 4 sampe 6 tahun mendatang, setelah 3 tahun mengenyam pendidikan di kota Jogja, kota budaya. Berat sih emang rasanya harus move on dari kota budaya sana, ke kota buaya sini -_-v hehehe tapi apa mau dikata, inilah sudah takdirnya.

  Disini juga nih ya, aku kenal banyak orang lagi, terutama dari daerah jawa timuran, macam Kediri, Lamongan, Madura, dkk, suatu hal yang jarang terjadi di Jogja sana. Oh iya, disini juga aku jadi kenal banyak banget anak-anak Bali, karena ternyata kampusku ini katanya sih, cukup terkenal di tanah Bali sana. Dan yaa, untuk pertama kalinya, disini juga aku bisa menikmati tari Kecak GRATIS dan LIVE dibawakan sama orang-orang bali asli pula, ini bener bener rejeki sob -_-v hehehe. Di FK UWKS ini juga, aku kenal sama beberapa senior (dari banyak senior) yang bisa dibilang anak FK Swasta tapi otaknya FK Negri -_-v dan juga yang nasibnya lebih ngenes dari aku ._.v

  Mas Azman misalnya, seniorku angkatan 2010. Dia ini orang Bali, tapi muslim. Dia juga seorang keturunan Pakistan.Sekarang masih menjabat sebagai Gubernur BEM FK UWKS periode 2013/2014.Bagiku nih ya, dia ini pinter banget dab!!! Dia orang sibuk, tapi ya IPKnya tinggi aja, diatas 3,5 ._.v wawasannya juga luas, ga cuma tentang kedokteran, tapi juga pengetahuan umum. Kalo ngomong jago banget, kenalannya juga banyak, bahkan sampe kalangan profesor ._. dan juga pemberani. Bukan berani berantem sih, tapi berani "ribut", bahkan sama dosen sekalipun dengan catatan dia emang bener. Jarang-jarang ada mahasiswa yang berani ribut sama dosen, apalagi mahasiswa FK ._. mungkin karena didukung sama perawakannya yang gede juga kali ya, jadi kalo dia udah ngamuk, serem keliatannya, makanya pemberani ._. hehe. Dan ternyata,fakta yang mengejutkan tentang dia, ternyata mas Azman yang kukenal orang pinter ini, eh bukan pinter sih, dukun dong kalo orang pinter, cerdas maksudnya, dulu ketolak di FK sebanyak 15 kali dalam setahun pasca lulus SMA :| kampret lah, iya 15 kali, dan belum ada orang yang ngalahin rekor ketolak sebanyak itu setauku sih ._. dan itupun melalui pengakuan langsung darinya.

  Ada juga nih, namanya Mas Rifqi, angkatan 2010 juga. Kalo mas rifqi, orang Gresik, tapi keturunan Madura -_-v hehehe.Mas Rifqi adalah mantan ketua Sie Kerohanian Islam FK UWKS, periode 2012/2013. Dia juga termasuk di daftar orang pinter eh cerdas ding di daftarku ._. dan selain cerdas, wawasannya juga luas, faham politik, sepak bola, bahkan juga agama sob!!! keren deh pokoknya. Dan yang ga kusangka, ternyata mantan ketua ISMKI wil 4, mas Vardian Mahardika, yang anak UB, ternyata dulu temen seangkatannya di SMA ._. what a…man…gatau deh gimana ceritanya mas Rifqi ini bisa terdampar di FK UWKS ini, hahahaha.

  Ada lagi satu senior yang ga boleh di lewatkan, anak 2010  juga sih, namanya mas Ferry, orang Surabaya asli. Dia juga termasuk senior yang keren. Kalo di tanya keren darimananya?? wes no comment deh, pokoknya keren ajalah hahaha. Dia juga dulu pernah jadi penentir anatomi sama histologiku waktu semester 1 dan 2. Penentir itu,semacam senior yang memberikan bimbel ke kelompok belajar junior gitu deh. Dia juga punya beberapa julukan di sini, diantaranya adalah “penentir abadi”, karena sampe semester akhir pun, bahkan sampe udah lulus nih ya kemaren jadi S.Ked,masih aja nentir -_-v julukan lainnya,mas ferry ini pehapers,alias tukang PHP -_- banyak cewek di deketin,tapi ga dijadiin pacar, iya di PHP in doang -_- tapi sekarang udah punya pacar sih, udah ga jomblo lagi, udah ga PHP lagi kayaknya, dan aku yang bakal jadi penerusnya!!! Sebagai penentir, juga sebagai pehapers!!! Hahahaha, oke skip.

  Kalo tadi kenalanku senior melulu, sekarang aku juga punya temen seangkatan dan bahkan sekelas, yang kuanggap keren, namanya Putu Bagus Gin Gin. Iya Gin Gin, dua kali, kayak Tin Tin, anaknya, Subhanallah banget deh, cerdas dia!! Iya cerdas banget!!! Apa yang kamu gatau, cobadeh tanyain ke Gin, pasti dia bisa jawab sampe kamu gabakal bisa nanya lagi xD anaknya juga baik, ga sombong, tapi gatau sih rajin nabung apa enggak. Dia juga pasti selalu sekelompok sama aku, dalam tugas apapun yang berkelompok sesuai NPM, karena NPM kita gajauh jauh banget, aku 12700221 dia 12700223,cuma atas bawah doang hahahaha.

  Mereka itu orang-orang yang jadi inspirasi buatku di sini, tsaah…masih banyak lagi sih sebenarnya, senior maupun temen seangkatan, ada mbak Winda, mbak Rahmi, Mbak Nirmala, Mas Kiki, Bli Wahtra, Ka Theo, Ka Tito, Nandhan, dan..mmm..siapa lagi ya hahaha lupa ding, banyak deh. Mereka itu orang-orang yang jadi pembenaranku kalo aku ga rugi bisa masuk FK UWKS ini, biarpun FK swasta sekalipun :”D itu mungkin segelintir hikmah, pelajaran, teman, dan senior yang kudapat dan kukenal disini. Disebuah FK swasta yang bahkan ga di kenal ustadku tadi itu. Tapi hei, siapa peduli tentang pendapat ustadku tadi? well, buktinya aku bisa dapet banyak hikmah juga disini. Mungkin beliau bercanda waktu itu. Oke, kembali ke topik. Masih banyak lagi sebenarnya hikmah, pelajaran, kenalan, pengalaman, dan lain lainnya tentang FK UWKS ini kalo mau dipikirkan. Dan kalo di tulisin, kayaknya bakal jadi panjang banget. Dan semua hal itu, mungkin gabakal aku dapetin kalo dulu aku keterima kuliahnya di Jogja, atau bahkan di Samarinda sana. Yah, emang sih, setiap dari kita punya cerita masing-masing tentang FK nya masing-masing juga. Tercatat, dari seangkatan ku di MA dulu, ada 4 orang aja yang masuk FK dan semuanya kesebar. Ada yang di Semarang, ada yang tetap di Jogja, dan ada juga yang di Surabaya.Tapi akhirnya nambah satu lagi ding, barusan nyusul di Purwokerto, hehehe.

  Mungkin sekarang kita berada di FK yang berbeda-beda, tapi tau ga yang bedain kita sekarang itu, cuma warna jas almamater kita :) ada yang biru, kuning, merah, ijo,krem, dan warna lainnya. Tapi pada akhirnya nanti kita bakal jadi satu juga, satu sejawat, satu keluarga :)  dan kita semua bakal make satu jas yang sama, yaitu jas putih. Udah gabakal make jas warna warni lagi sob, semua sama, dari FK manapun kamu berasal, mau swasta mau negri, semua sama sama make jas putih sob, sama sama satu sejawat. Makanya deh, buat temen-temen yang ketunda impiannya buat kuliah di FK PTN, dan sekarang malah kuliah di FK PTS, udah deh, gausah minder, gapapa, tetap semangat, tetap belajar, berusaha, dan berdoa. Coba deh gali hikmah, pelajaran, dan pengalaman yang kamu dapat di tempatmu sekarang. Dan yakin deh, kalo Allah udah punya Maha Rencana buat kita semua. Dan buat temen-temenku yang kuliah di FK PTN, biarpun sekarang kita beda almamater, tapi suatu saat nanti, kita bakal berjuang bareng bro, berjuang untuk menjadi pengabdi bagi bangsa ini, dan bakal sama sama make jas putih, kita semua sejawat, kita semua keluarga, Bhineka Tunggal FK!!!. :D

1 komentar:

  1. ka masuk uwks itu tes nya gampang apa susah? aku pengen daftar tapi takut sakit hati :(

    BalasHapus