Jumat, 15 November 2013

Roda kehidupan dan Lift kehidupan

  Ada sebuah kalimat yang terkenal dan disebut-sebut sebagai kalimat motivatif, dan tentunya sudah ga asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebuah kalimat yang bukan saja di sebut kalimat motivatif, akan tetapi juga disebut sebagai kalimat yang sarat akan nasehat. Sebuah kalimat filosofis dan kal..oke, kelamaan deh ya, langsung aja deh, kalimatnya itu berbunyi kurang lebih kayak  gini, ”hidup itu bagaikan roda, selalu berputar, kadang di bawah, kadang juga diatas, dan bahkan kadang pula kempes, jadi jangan pernah sombong ketika kamu sedang berada di atas, karena bisa jadi esok lusa, kamu bisa saja berada dibawah”. Yaa gitu deh kalimatnya.So, gimana bro?? pasti udah pernah denger kan kalimatnya?? dan bener kan?? benar-benar (bukan) sebuah kalimat motivatif, filosofis, dan kalimat yang sarat akan nasehat bukan??? iya dong.


  Nah, tulisan ane kali ini sebenarnya ingin mengkritik substansi dari kalimat (yang katanya) filosofis itu sob, #tsaaaah..gaya deh ya mengkritik -_- bukan bukaan, bukan mengkritik sih, cuma…mmm…apa ya…hmm koreksi kali ya..iyadeh koreksi. Jadi ane disini mau mengoreksi substansi dan korelasinya, eh maksudnya isinya dan hubungannya ding -_-v hehe. Oke,rasa-rasanya ada yang an…ah mungkin cuma perasaan ane aja sih, tapi ya emang rasanya ada yang aneh dan kurang tepat (karena ga enak mau nulis salah) di kalimat (yang katanya) filosofis diatas, apalagi kalo kalimat itu diumpamain sama kehidupan bro. Iyadeh, bener, ada yang aneh, mungkin ente sekalian juga udah pada sadar. Atau juga belum. Tapi setelah membaca tulisan ini, harapan penulis, semoga para pembaca dapat mengembangkan dan menemukan hal-hal yang bar…lho -_- kok malah jadi kayak kata pengantar gini sih -_- oke kembali ke topik.

  Jadi gini sob, mari kita sunat (karena bedah udah mainstream dan ane bukan spesialis bedah) kalimat diatas tadi. Ehem..oke, mari kita mulai. Jadi, katanya sih ya, kata kalimat itu, hidup itu sama kayak roda, selalu berputar, kadang diatas, kadang dibawah, kadang juga kempes, oke stop sampe sini. Mari kita cermati. Katanya roda itu berputar, oke bener, roda emang berputar, tapi nih ya, yang di atas dan dibawah itu, rasa-rasanya jerujinya deh ya atau velg kalo ga ngerti jeruji :| bukan rodanya. Liat deh, roda bentuknya bulat, ga punya sisi-sisi tegas yang bisa di tentuin mana yang di atas, mana yang dibawah, iyakan?? iya aja deh sob. Okedeh, kalo itu emang kurang meyakinkan lagi, coba deh lanjutin baca tulisan ane ini ya. Belum selesai nih sob, masih ada lagi keanehan lain nih. Lagian juga nih ya, emang ente pernah liat ada roda muternya di atas?? ga ada sob, ga pernah ada. Dimana-mana, adanya roda muternya mah di bawah. Kecuali rodanya emang di angkat ke atas -_- tapi kan ga muter. Kalopun muter, ya paling diputer sendiri. Liat deh kalo ga percaya, di mobil F1 apa di moto GP sekalipun, ga ada mah rodanya muter di atas motor atau di atas mobil, adanya di bawahnya. Kalo ga muter dibawah, ya gabakal jalan tuh mobil F1 sama moto GPnya -_- emang sih masih mungkin muter di atas motor atau mobilnya, tapi itu terjadi kalo kecelakaan dan jungkir balik gitu mobil atau motornya -_-v hehe. Dan yang lebih aneh nih ya, roda kok bisa kempes sih??? ban kali yang kempes, bukan roda..pfft…lagian ga semua ban bisa kempes lho bro, ada tuh yang namanya ban buta, terus juga ban gerobak di desa-desa yang ditarik pake sapi, itu mah ga bisa kempes, soalnya bannya bukan ban angin -_- ban kayu itu. Tapi biar gimanapun,ga ada hubungannya roda sama kempes, titik.

  Jadi sob, hal-hal tadi itu yang mendasari dan melatarbelakangi ane, buat nulis bahwa, filosofi roda dan kehidupan itu, sebenarnya kurang tepat (karena sekali lagi,gaenak kalo nulis salah) sob. Kalo pun ente masih make filosofi roda sama kehidupan ya boleh-boleh aja sih,t api yaa gimana ya, ya gitu deh. Serasa hidup ente entar emang muter ke atas kebawah, tapi ya tetep aja di bawah, ga penah naik -_-v hehe. Nah,sebenarnya bagi ane pribadi nih ya, ada filosofi yang lebih tepat buat kehidupan dan bisa jadi ini sebenarnya lebih korelatif dalam kehidupan daripada roda tadi. Jadi nih ya, menurut ane, perumpaannya itu harusnya gini, ”hidup itu bagaikan lift, selalu bergerak, kadang naik ke atas, kadang juga turun ke bawah, dan bahkan kadang pula macet, jadi jangan pernah sombong ketika kamu sedang berada di atas, karena bisa jadi esok lusa, kamu bisa saja berada dibawah”, gimane sob?? lebih keren lift kan daripada roda?? iyalah, dan lebih masuk akal, juga korelatif tuh sob.

  Trus kenapa ane make perumpaan lift?? karena kampus ane ada fasilitas liftnya bro -_-v hehe. Iya bener, jadi kampus ane nih ya, bukan bermaksud nyombong sih, tapi di kampus ane emang ada fasilitas lift 3 unit buat para dosen dan mahasiswanya, buat nganterin kita-kita sampe ke lantai 7, lantai teratas buat kelas, atau lantai basement, lantai terbawah buat parkir mobil. Setiap masyarakat kampus, kayaknya hampir semuanya deh udah pernah make lift ini, mulai dari OB, sampe ke Profesor sekalipun. Tapi nih, biar pun udah di kasih lift, masih banyak aja mahasiswanya yang kurang bersyukur -_- suka ngatain liftnya lemot lah, ini lah itulah, iya emang sih lemot, tapi ga gitu juga kali. Kalo udah tau lemot, yaudah, nangga aja sana kenapa -_- kan kasian nih liftnya dihujat mulu. Emang ente bisa ngasih lift yang lebih bagus apa?? besyukur aja kenapa coba. Dan juga ternyata lift ini juga yang ngajarin ane filosofi kehidupan yang lebih tepat di bandingin sama roda tadi. Oke, cukup buat basa basi liftnya, mari kembali ke topik.

  Nah, coba deh ya renungin fungsi lift, fungsinya lift itu, versi ane nih ya, yaitu mengantarkan orang atau barang buat naik ke lantai atas atau bahkan teratas dari sebuah gedung, atau juga malah sebaliknya, mengantarkan seseorang atau barang ke lantai bawah atau terbawah dari sebuah gedung. Begitu juga sama hidup, adakalanya kita berada diatas, bahkan bisa di atas banget, tapi nih ya, kadang kita juga bisa turun ke bawah bahkan ke titik terbawah dalam hidup kita hanya dalam sekejap sob, persis kayak lift kan?? :D jadi jangan pernah sombong deh jadi orang kalo lagi ada diatas. Dan juga gausah minder kalo lagi dibawah. Yakin deh, suatu saat pasti bakal ada orang yang mau naik ke lantai atas kok, gabakal selamanya liftnya nongkrong di bawah terus. Kecuali pas hari libur dan liftnya pasti di kunci sama OB, dan bisa aja liftnya pas lagi nongkrongnya di basement -_-v eh itu sih lift di kampus ane lagi bro hehehe -_-v Terus juga nih ya, kalo lagi naik atau turun nih, ga jarang juga bisa macet -_- kayak lift di kampus ane lagi nih, gatau sih lift di kampus ente, pernah macet-macet juga atau enggak -_-v oh atau mungkin di kampus ente ga ada liftnya ya?? ._.v eeehhh….ehem..jadi nih ya bro, ga selamanya hidup kita bakal mulus naik ke atas bro :D tapi ga selamanya juga kita jatoh bener-bener jatoh ke bawah, jatoh dengan sebebas-bebasnya. Kadang bakal ada jeda atau macetnya gitu deh :D mau naik ke atas, mesti ada ringtangannya, ya macet itu tadi, tapi pasti naik :D Mau jatoh kebawah, kadang ada aja yang nyelametin, ya macet tadi itu, persis banget kayak lift kampus ane hehe, eh lift kampus ane sih  -_-v

  Tapi nih, biar kata lift dikampus ane butut nih ye, gapapa, gamasalah, toh dia masih bisa nganterin ane sampe tujuan, dan yang terpenting, ternyata dia juga udah ngajarin ane dan temen-temen ane sebuah filosofi kehidupan, kalo temen-temen ane peka sih -_-v toh hidup ga selamanya di atas, pasti ada masanya kita harus turun kebawah, bahkan titik terbawah, dan  ga selamanya juga sih kita bakal di bawah. Pasti ada masanya kita bakal naik ke atas bahkan titik teratas. Meskipun lambat naik atau turunnya kayak lift dikampus ane, tapi pasti tetap bakal terjadi, bakal naik atau turun, dan sampe tujuan. Yang perlu di lakuin sekarang yaaudah, nikmatin aja prosesnya sob :D sukur sukur kalo lagi proses naik, dan sabar dulu aja kalo emang lagi proses turun dan yang terakhir nih, selama ini ane belum pernah ngucapin kata ini buat lift kampus ane yang udah dengan ikhlas bantuin ngeringanin beban ane  dan nganterin ane bareng temen-temen ane ke kelas, meskipun kadang kita-kita suka menghardik ente nih lift ya, mohon maaf dan terima kasih banyak deh atas bantuannya selama ini :D ya gapapa deh ngucapin terima kasih ke benda mati sekali kali.

  Oya, terima kasih juga  nih ya buat filosofi hidup yang ente ajarin ke ane, dan juga ke orang-orang yang udah baca tulisan ini, yang jelas, tulisan ini sebagai salah satu tanda “terima kasih” ane kepada ente, wahai lift kampus, dan semua lift yang ada di dunia, dan juga pencipta lift deh sekalian. Dan juga para pembaca yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan tanda terima kasih ini. Dan kalo ente salah satu mahasiswa FK UWKS yang juga pengguna lift kampus, ayodeh mulai besok (karena sekarang pasti lagi ga di lift), kalo liftnya macet, atau lemot, jangan di hujat lagi ya, kita syukuri aja, masih bisa nikmatin fasilitas lift kampus. Karena ga semua kampus punya fasilitas lift kayak kampus kita :D dan lift kampus kita tuh ya, bukan sekedar lift aja, tapi bisa jadi lift kehidupan!! ga percaya?? bayangin deh kalo liftnya semuanya lagi mati, bakal rempong bin gempor deh naik tangga ke lantai 4 apalagi lantai 7. Terus nih ya, kasian juga tuh dosen dosen yang udah sepuh, emang bakal kuat kalo naik tangga?? :| juga OB yang tugasnya bawa tempat sampah yang gede ke basement, bayangin deh kalo liftnya kompak pada ngambek semua, terus mati, terus ga bisa di pake, mampus deh, pasti bakal ngefek ke kehidupan kampus kita. Nah makanya, untuk sekarang, di syukurin aja ya sob!! syukur syukur suatu saat nanti kalo udah jadi dokter, kita bisa nyumbangin lift yang lebih baik lagi ke kampus :D gitu kan keren sih, oke sob?! okedeh. 

  Oke, sekarang kesimpulannya nih ya, emang sih tulisan ane diatas seakan memojokkan roda sebagai filosofi kehidupan, dan filosofi roda sama kehidupan bagi ane kurang tepat. Tapi tetap aja ada korelasinya kok. Karena dengan adanya roda, hidup kita jadi bakal maju sob, tapi maju aja ga cukup bagi ane, hidup kita juga harus naik, harus ada peningkatan, ga stagnan di bawah mulu sob. Makanya ane juga milih lift sebagai filosofi kehidupan juga. Jadi, di gabungin aja dua-duanya, roda kehidupan sebagai pemacu kita buat terus maju kedepan, dan lift kehidupan sebagai pemacu buat kita naik kepuncak, dan dua-duanya juga sebagai renungan dan filosofi kehidupan kita masing-masing. Apa kita mau maju, tapi stagnan dibawah aja, atau kita mau naik tapi juga stagnan disitu aja?? silahkan di jawab sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar