Sabtu, 15 Juni 2013

Seupil kisah tentang upil

  Ngupil, sebuah kata kerja yang pasti ga asing di telinga para orang Indonesia. Ya apalagi artinya kalo bukan nyari upil, sebuah benda kenyal, kadang bulat, unyu unyu, yang ada di dalam hidung. Ada suatu hal yang menarik tentang ngupil ini. Entah cuma terjadi sama aku, atau juga sebenarnya orang lain juga ngalamin kejadiannya. Kalo aku perhatikan ya, setiap aku habis ngupil (pake jari telunjuk tangan kiri) pasti habis ngupil, jariku tadi langsung aku liat. Sebenarnya bukan jarinya sih yang pengen diliat, tapi upilnya, hehe. Rasanya kurang afdhol atau ada yang sesuatu yang kurang gitu kalo habis ngupil, tapi upilnya ga diliat. Semacam perokok aktif, yang kalo abis makan harus ngerokok, atau perokok aktif, yang kalo lagi nongkrong di warung kopi, minum kopi harus di temanin sama rokok. Ya gitu deh, ada yang kurang gitu rasanya kalo habis ngupil tapi ga liat upilnya.
  Ngomong-ngomong tentang ngupil, ngupil adalah suatu sub-hobi bagiku, sub-hobi dari hobi malas-malasan. Kalo kata orang-orang yang ngeliat orang lagi ngupil, jorok sih katanya, gatau kenapa bisa gitu. Tapi bagiku, justru kalo upilnya ga di ambil, makin jorok dah, lah upilnya kan bisa numpuk di dalam hidung. Tapi, biar kata orang jorok, bagiku ngupil itu punya kenikmatan tersendiri yang ga bisa dijelasin ke orang yang ga faham kenikmatannya. Sama kayak ngerokok, udah jadi candu gitu kali ya. Tapi bedanya, ngupil sama ngerokok, ngupil ga ganggu kesahatan jantung paru kayak ngerokok. Nah, selain ngupil itu nikmat, ada rasa sayang rasanya kalo dapat upil yang lumayan gede, terus di buang gitu aja. Iya, kok rasanya ya sayang ya,s emacam menyia-nyiakan sebuah harta karun berharga yang di dapat dengan susah payah, tapi eh malah di buang gitu aja.

  Jadilah aku kadang mencari dan mendapatkan sebuah ide yang jail untuk memberdayakan upil-upil yang menarik, yang pantas untuk di “orbitkan”. Tentunya bukan upil yang kecil kecil dan mainstream, tapi pokoknya yang menarik dah. Misal nih ya, kalo lagi jalan naik motor, aku kan biasanya di boncengin di belakang tuh, tiba-tiba pengen ngupil, pas udah dapet upil, upilnya biasanya aku lap ke jaket atau helmnya temenku yang boncengin di depan ini hahahaha. Korban upil di kendaraan ini biasanya adalah (sebut saja namanya) Yonan (nama sebenarnya) dan Adang (nama sebenarnya). Yah semoga saja mereka ga lagi baca tulisan ini. Kalopun lagi baca, ya maaf ya, namanya juga becanda serius eh broh. Sampe sekarang mereka mungkin belum tau apa yang kulakukan di belakang mereka ketika lagi di motor, mungkin sampai tulisan ini dibaca oleh mereka.

  Tapi sebenarnya, sampe sekarang ini, ada dua kejadian konyol yang cukup berkesan bagiku tentang pengalaman ngupil. Dan dua kejadian ini masih terkait dengan salah dua teman baikku, sebut saja Fandi (nama sebenarnya) dan Adang (nama sebenarnya) yang mungkin ga bakal dilupain sama mereka biarpun sampe udah punya anak cucu. Dan mungkin juga mereka bakal ngingatin anak cucu mereka buat hati-hati kalo main sama anak cucuku nanti. Oke, mari kita ke kejadian pertama. Jadi waktu itu, anak-anak lagi pada nginep di kosku. Sebut saja nama mereka semua adalah Fandi, Yonan, Adang, dan Yoga (nama sebenarnya). Karena niat nginepnya emang buat seneng-seneng, yaudah si Adang bawa laptopnya, yang ada game FIFA buat kita main bareng, terus juga ga lupa beli terang bulan coklat keju dua kotak buat cemilan.

  Sampe tengah malam,seperti biasa, hanya para pria-pria tangguh yang tetap melek. Cuma aku, Fandi,s ama Yonan yang masih bertahan. Dan juga masih ada dua potong terang bulan coklat keju yang diliat aja udah bikin enek, tapi sebenarnya kalo mereka bisa bicara, mungkin mereka bakal bilang, ”ayo makan aku, makan aku, makan!!! Jangan buang aku ke tempat sampah, jangan buang pliss!!!”, oke itu lebay. Sebenarnya aku, Fandi, sama Yonan sudah mabok terang bulan, alias mblenger kalo bahasa jawanya. Jadi ya ngeliatnya aja udah enek,bukan enak lho ya, tapi enek. Tapi ya mau dibuang sayang, mubadzir juga, udah di beli malah ga dimakan. Yaudah deh, satu potong ku makan deh, tapi jadi kasian sama temennya yang satu potong lagi, jadi ga ada temennya kan dia, jadi jomblo dia. Eh, kalo cuma temen, ya bukan jomblo dong ya, berarti cuma pasangan ding. Semacam kakak-adekan gitu kali ya? ah entahlah. Mungkin hanya terang bulan coklat keju tadi saja yang tau hubungan diantara mereka, dan biarkanlah tetap seperti itu.

  Jadi tinggal sendirian deh pasangannya tadi, alias sisa sepotong. Habis makan sepotong terang bulan ini, perut rasanya udah penuh, ga bisa lagi dah masukin makanan. Jadi ya mau gimana lagi, batas enek juga udah kelewat, kalo masih tetep nekad makan ini terang bulan yang terakhir, yang ada malah bisa keluar semua terang bulan yang udah dimakan dari tadi. Dan sekarang mata juga udah mulai jadi 5 watt, mulai ngantuk. Sepertinya efek dari mabok terang bulan tadi sudah mulai bekerja. Mata kriyep kriyep tapi tetep aja gamau kepejam, dan singkat cerita, entah kenapa kok tiba-tiba jadi pengen ngupil ya. Yaudah ngupil deh. Nah,satu lagi yang kusuka dari ngupil, kadang kalo lagi ngupil, tiba-tiba bisa dapat ide atau inspirasi, sama kayak orang yang katanya ngerokok Tu ngopi buat cari inspirasi.

  Dan emang bener ternyata!!! waktu strike alias dapat upil terus diliat, ternyata upilnya cukup gede dan menarik!!! dan AHAAAA!!!! akhirnya dapet ide buat jailin dua orang yang main FIFA ini, si Yonan sama si Fandi. Waktu ngeliat mereka lagi asik dan sengit main FIFA, aku bilangin dah, ”oke guys, yang kalah habisin terang bulannya ya!!”, nah tanpa sepengetahuan mereka, sebenarnya terang bulan cokelat keju ini sudah kumasukin upilku yang kudapat tadi!!! Upil yang segede butiran pasir, eh lebih gede ding, dan jadilah dia sekarang terang bulan cokelat keju extra upil ala vonte de larossa per sempre upile. Dan setelah lelah serta salah satu dari mereka kalah main, akhirnya, tibalah saat yang ditunggu tunggu!!!! siapakah orang beruntung yang akan mencicipi terang bulan coklat keju ala vonte de la rossa per sempre upile tadi?? ternyata oh ternyata adalah…saksikan sesaat lagi sodara-sodara -_-v hehe. Ternyata yang makan terang bulan upil tadi adalah Fandi. Si fandi ini ya, salah satu temenku yang nyebelin juga nih, mampus dah dia nyicipin upilku, gatau dah gimana rasanya upilku tadi. Apa tambah manis, atau ada rasa gurih-gurihnya di terang bulannya, mbo lah, wong aku yo belum pernah nyicipin upilku sendiri kok.

  Waktu ngeliat dia lahap makan itu terang bulan, sebenarnya ya aku mau ketawa se ketawa-ketawanya deh, tapi kutahan lah, harus profesional. Jangan sampe dia malah curiga, terus nginterogasi aku, terus ketahuan ada upilnya, eh malah di muntahin entar terang bulannya, gagal total deh kalo gitu, alias mission failed. Dan malam itu, aku hanya diam seribu bahasa dengan senyum sejuta makna. Kuakhiri malam itu dengan tidur puas dan pulas banget. Paginya, baru deh cerita kalo terang bulan tadi malam ada upilnya,dia sih ga percaya awalnya, tapi ya terserah dia mau percaya apa enggak, toh emang ada upilnya di terang bulannya. Anak-anak yang dengar ceritaku itu, widih, langsung dah pada ketawa, si Fandi? ya mau gimana lagi, upil sudah masuk ke perut, mau marah juga ga bisa ngeluarin upilnya, ya namanya juga temen baik sih, masa iya tega marah ke temen baiknya yang unyu ini :3 ya enggak lah pastinya. Itu kejadian pertama, dan si Fandi sekarang sudah lebih waspada sama setiap makanan apapun yang kutawarkan.

  Kalo kejadian yang kedua, juga ga jauh-jauh lagi. Yang ini melibatkan temanku yang juga pernah ikut nginep di kosku tadi, sebut saja namanya Adang (nama sebenarnya). Jadi ceritanya, waktu itu aku sama adang lagi nongkrong di kampus pas malam rabu, sampe tengah malam, karena besoknya itu libur. Eh, ada satu lagi ding, si Malik. Malik ini anak Jember, perawakannya tinggi, keren, mantan anak paskib juga lho. Dia ini mirip artis yang main di film fast and furious, si..siapa?? yang badannya gede, terus botak itu nah..hmmm…ah bukan...bukan si Dome, oh iya!!! Si Pierce!!! Roman Pierce!! iya Roman Pierce!!! si Malik ini mirip sama Roman Pierce!!! kata anak-anak sih gitu, aku sih iyain aja deh. Oke, kembali ke kampus lagi sama aku, Adang dan Malik. Gausah tanya kenapa aku bertiga, pas malam libur, malah nongkrong di kampus. Ya pasti tau sendirilah jawabannya. Biasalah, para jomblo kutu laptop, ga punya pacar, malam liburan ya nongkrongnya di kampus aja, daripada diem suwung sendiri di kos kosan. Lumayan bisa internetan gratis, bisa download film cepet, kenceng pula aksesnya. Sekalian bisa stalkingin akun twitternya si o…oke kembali ke topik. Nah, berhubung aku lagi ga bawa laptop, yaudah,aku gantian deh make laptopnya si Adang buat internetan. Sementara dia juga lagi sibuk liatin video mobil mobilan di laptopnya Malik.

  Singkat cerita lagi nih ya, gatau kenapa, kok ya pengen sih ngupil, hehe. Mungkin karena udah duduk PW, jadi kayaknya enak nih kalo ngupil. Dan sama lagi nih kejadiannya, waktu pas strike!!! beneran dah dapet ide lagi buat jailin si Adang ini, yap...pas strike lagi. Kebetulan juga, si Adang ini salah satu temen baikku yang cukup menyebalkan selain Fandi, Yonan, dan Yoga. Mereka semua orang-orang menyebalkan!!!! tapi juga temen baikku. Upil yang strike tadi, juga ga kalah menarik sama upil kejadian pertama. Cukup besar, dengan konsistensi kenyal dan unyu, serta berwarna krem. Ide pertamanya, upil ini ku tempelin di keyboard laptopnya adang, biar ntar pas dia lagi ngetik, jarinya bakal kena ranjau upil tadi. Oke,ranjau upil sudah kutempelin di salah satu abjad keyboardnya. Tepatnya di huruf H. Gatau kenapa milih huruf H. Habis itu, aku simulasikan sendiri. Ternyata hasilnya kurang efektif dan ranjaunya mudah keliatan. Oke,ganti rencana. Jadi,ranjau upil yang awalnya ku tempelin di keyboard, ku pindah jadi di tempel di mousenya, di bagian klik kiri, tepat pas di tempat yang emang PW buat ngeklik. Dan ga lupa juga buat ku coba simulasikan sendiri, dan ternyata emang efektif dan ga keliatan!!! Tingkat keberhasilannya ya sekitar 97% lah.

  Ranjau upil sudah di tempel di mouse, sekarang saatnya penjebakan di mulai. Biar si Adang ga curiga, aku bilang deh ke dia,” dang nih laptopnya,aku mau sholat isya dulu, udah tengah malam nah, belum sholat”, habis itu ngacir dah nahan ketawa nunggu jari si Adang kena ranjau upil. Eh,beneran kan,ga lama kemudian,suara si Adang yang emang khas, langsung dah kedengeran seantero gedung C di kampus. Ya gimana ga kedengeran, namanya juga tengah malam, sepi, sunyi, senyap, cuma ada aku bertiga disana. Belum lagi suaranya si Adang ini ya, yang kalo lagi marah atau ketawa, atau apalah, emang dari sananya kali ya menggelegar membahana gitu. Tapi ya untungnya suaranya si Adang yang histeris karena kena ranjau upil tadi, ga bikin kadaver-kadaver (mayat yang di awetin buat praktikum anatomi) pada kebangun. Berabe kan kalo kadaver pada kebangun, bisa jadi petualangan melawan zombie ntar. Ga rampung-rampung deh, dan bakal jadi malam yang panjang!!! Oke, itu ga mungkin banget, cadaver mana bisa bangun. Kalopun bangun ya ga bisa keluar lah dari lab anatomi. Kembali ke topik. Tapi satu yang bisa ku pastikan, bahwa ranjauku telah berhasil mengenai target. Tepat di jarinya, hahahaha. Finger shoot broh!!!.

  Yah, terlepas dari jorok enggaknya ngupil, ngupil tetaplah punya kenikmatan tersendiri. Cuma sih emang kalo ngupil ya tau tempatlah, jangan di sembarang tempat juga ngupilnya. Masa orang-orang lagi pada makan malah ngupil, itu jorok namanya, apalagi upilnya di masukin ke makanan temennya, itu juga makin jorok namanya!!! Atau upilnya malah di tempelin di mouse temennya biar jari temennya kena upil, itu juga ga kalah jorok!!! Atau malah upilnya di lap di jaket atau helm temennya yang lagi boncengin di motor, itu juga jorok!!! Apalagi kalo ketiganya malah dilakuin!!! Itu jorok bin jahat dah!!! Jangan ditiru deh. Eh, tapi ngomong-ngmong, itu semua kok ya ku lakuin ya?? entahlah, sekedar bumbu persahabatan mungkin. Lagian,kalo bersahabat, jangan terlalu kaku lah, kaya ketemu para pejabat aja. Sante aja lagi. Tapi juga jangan ikutan ngasih upil kayak tadi, cari ide yang lain lagi aja sendiri ya broh!! Ya itung itung, daripada kita ngepil, ngabisin duit, berpotensi ngerusak badan, juga masa depan, mending ya ngupil to, nikmat, juga gratis, iya kan?? iyalah, hahaha.

1 komentar: